KABAR EMITEN: Deselerasi Emiten Otomotif, Laba UNTR Menyusut

Bisnis.com,28 Apr 2020, 07:09 WIB
Penulis: Aprianto Cahyo Nugroho
Noble Alam Sutera/noblealamsutera.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah berita menjadi topik utama halaman market dan korporasi harian Bisnis Indonesia hari ini, Selasa (28/4/2020), pukulan pandemi Covid-19 terhadap sektor otomotif.

Berikut ringkasan sejumlah topik utamanya:

 

Deselerasi Emiten Otomotif. Pandemi Covid-19 memukul kinerja emiten yang terkait dengan sektor otomotif. Hal itu tecermin dari realisasi penjualan yang menyusut pada kuartal I/2020 dan berisiko berlanjut hingga akhir paruh pertama tahun ini.

Laba UNTR Menyusut. Laba bersih PT United Tractors Tbk. anjlok 40,26% secara tahunan dari Rp3,05 triliun menjadi Rp1,82 triliun pada kuartal I/2020 sejalan dengan penurunan pendapatan.

Pada Januari-Maret 2020, emiten berkode saham UNTR itu membukukan pendapatan bersih Rp18,31 triliun, turun 19,04% dari raihan Rp22,62 triliun pada kuartal I/2019.

Harga CPO Tertelan Pandemi. Harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) sulit bergerak naik seiring melemahnya permintaan akibat pandemi Covid-19. Tambah lagi, harga minyak mentah dunia juga tengah murah-murahnya.

Penjualan ASRI Terganjal. Emiten properti PT Alam Sutera Realty Tbk. (ASRI) mencatat penurunan 38,63% angka marketing sales pada 3 bulan pertama tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu

Perusahaan Telko & Menara Dianggap Kebal. Lembaga pemeringkat Fitch Rating memproyeksikan profil kredit sebagian besar perusahaan telekomunikasi dan perusahaan operator menara tidak akan terpengaruh oleh pelemahan rupiah yang telah terdepresiasi hingga 12% sepanjang tahun berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hafiyyan
Terkini