Tip Perawatan Mobil Selama PSBB ala Daihatsu

Bisnis.com,29 Apr 2020, 20:20 WIB
Penulis: Dionisio Damara
Demi keamanan, aktifkan rem tangan sekalipun parkir dalam bidang jalan yang rata. /foto daihatsu.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Selama pemerintah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sebagian orang banyak yang bekerja dari rumah sehingga mobil kesayangan jarang digunakan.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan Daihatsu akan membagikan tips merawat mobil selama tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

“Jangan lupa untuk bisa menerapkan tips ini agar mobil tetap dalam kondisi yang baik dan optimal ketika akan digunakan kembali”, ujar Bambang lewat siaran resmi yang diterima Bisnis, Rabu (29/4/2020).

Berikut tips perawatan mobil ala Daihatsu:

1. Merawat Aki

Perawatan pada aki dapat dilakukan dengan memanaskan mobil paling tidak 1-2 kali dalam seminggu supaya menjaga daya yang tersimpan pada aki. Sebab, Mobil yang tidak dipakai akan mengalami pengurangan daya sekitar 3 persen dari kapasitasnya setiap hari.

Saat memanaskan mobil di garasi rumah, pastikan juga agar asap knalpot mobil tidak mengarah langsung ke dalam rumah.

2. Angkat wiper

Wiper dapat diangkat apabila mobil diparkir di area parkir terbuka. Ketika suhu panas di luar, karet wiper akan lebih cepat rusak ketika terus menempel pada kaca mobil. Namun, tidak perlu mengangkat wiper apabila mobil diparkir di garasi rumah yang teduh.

3. Area parkir

Area parkir di garasi rumah menjadi pilihan terbaik. Bagi yang tidak memarkir di garasi, pastikan mobil tidak diparkir di area yang terkena matahari dan dijemur langsung, karena dapat membuat cat mobil menjadi pudar dan kusam. Pastikan juga lokasi parkir tersebut aman dan terpantau. Tambahkan kunci setir kendaraan bila diperlukan.

4. Tekanan angin pada ban

Tekanan pada ban dapat berkurang apabila kendaraan diparkir dalam waktu lama, terlebih di garasi berlantai keramik. Untuk itu, tambahkan tekanan angin paling tidak sekitar 5 persen dari tekanan angin normal.

Dianjurkan pula untuk menggerakan kendaraan maju – mundur paling sedikit seminggu sekali agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu secara merata, sehingga kerusakan ban akibat deformasi dapat dicegah.

5. Transmisi dan rem tangan

Kedua fitur ini juga jangan luput untuk diperhatikan. Demi keamanan, aktifkan rem tangan sekalipun parkir dalam bidang jalan yang rata. Khusus untuk mobil transmisi otomatis, pastikan ada di posisi P (parking) untuk mencegah mobil bergerak saat parkir.

6. Jaga kebersihan

Kebersihan mobil perlu dijaga dengan mencuci sisi eskterior dan membersihkan interior mobil paling tidak seminggu sekali. Pastikan setiap sudutnya dicuci bersih agar terbebas dari kotoran, terlebih ada virus atau bakteri yang menempel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini