Ekonomi Indonesia Kuartal I/2020 Diperkirakan Hanya Tumbuh 4,5 -4,7 Persen

Bisnis.com,30 Apr 2020, 11:37 WIB
Penulis: Feni Freycinetia Fitriani
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat mengikuti rapat kerja antara Komisi XI DPR RI dengan pemerintah di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (2/12/2019). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I/2020 akan berkisar 4,5 persen - 4,7 persen.

Menurutnya, perekonomian Indonesia pada tiga bulan pertama tahun ini masih lebih baik dibandingkan dengan dalamnya kontraksi ekonomi di beberapa negara besar.

"4,5 persen- 4,7 persen itu forecasting kita. Dibandingkan AS baru mulai Maret kontraksinya sangat dalam, insya Allah kita di atas 4 persen cukup baik," ujar Sri Mulyani dalam RDP dengan Komisi XI, Kamis (30/4/2020).

Badan Pusat Statistik (BPS) baru akan mengumumkan pertumbuhan ekonomi kuartal pertama tahun ini pada 5 Mei 2020. 

Dalam kesempatan ini, Sri Mulyani juga mengkhawatirkan kondisi tekanan yang cukup dalam pada kuartal II/2020 seiring dengan adanya aturan PSBB di sejumlah wilayah.

Sri Mulyani menilai tekanan dampak ekonomi dari Covid-19 mulai terasa kuat pada akhir Maret hingga April. Dia memperkirakan puncaknya akan terjadi di Mei. "Dari modeling prediksi yang bisa dipercaya puncaknya pada Mei dan Juni-Juli sudah mulai tapering."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hadijah Alaydrus
Terkini