Warga Bersenjata di AS, Unjuk Rasa Tolak Lockdown

Bisnis.com,01 Mei 2020, 14:41 WIB
Penulis: Nirmala Aninda
Ilustrasi/JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Ratusan pengunjuk rasa, beberapa bersenjata, berkumpul di Gedung DPR negara bagian Michigan pada Kamis (30/4/2020), waktu setempat, menuntut agar kebijakan lockdown dicabut.

"American Patriot Rally" ini diselenggarakan sebagai tanggapan atas pemungutan suara, yang diperdebatkan, di legislatif negara bagian Michigan tentang kelanjutan status darurat, yang telah dinyatakan sejak 10 Maret untuk mengatasi pandemi virus corona.

Dilansir melalui Lansing State Journal, banyak pengunjuk rasa yang membawa slogan yang menuntut agar Gubernur Michigan Gretchen Whitmer mencabut perintah tinggal di rumah yang telah berlaku selama lebih dari sebulan.

Lebih dari setengah dari mereka yang hadir tidak mengenakan masker. Sedikit yang mempraktikkan jarak sosial.

Ryan Kelley, seorang penyelenggara protes, meminta orang-orang untuk mengangkat tangan mereka jika mereka secara ekonomi terkena dampak dari pesanan tinggal di rumah. Hampir semua orang melakukannya.

"Solusinya lebih buruk daripada masalahnya," kata Kelley, seperti dikutip melalui Lansing State Journal, Jumat (1/5/2020). "Kami telah memilih seorang gubernur yang telah menempatkan kami dalam spiral ekonomi yang menurun."

Status perintah darurat Whitmer berakhir pada hari Kamis, dan legislator harus menyetujui permintaannya untuk perpanjangan sebelum itu.

Legislatif yang dikendalikan oleh Partai Republik menentang permintaan tersebut tetapi belum mengesampingkan opsi perpanjangan yang lebih pendek. DPR ditunda tanpa memilih ekstensi status darurat.

Tetapi Whitmer berpendapat - dan para ahli hukum setuju - agar status darurat akan tetap berlaku, dengan atau tanpa hasil voting legislatif memberikan suara untuk memperpanjangnya atau tidak.

Menurut Whitmer, status darurat berbeda dengan perintah tinggal di rumah, yang mematikan bisnis non-esensial dan mengharuskan orang untuk tinggal di rumah kecuali untuk tujuan penting.

Protes yang berlangsung di Michigan dan negara bagian lain secara umum menuntut pelonggaran kebijakan lockdown yang telah menciptakan tekanan ekonomi.

"Gubernur Whitmer, dan badan legislatif negara bagian, ini sudah berakhir. Buka [lockdown] negara bagian ini," tukas Mike Detmer, seorang kandidat Kongres AS dari Partai Republik, seperti dikutip melalui Guardian.

“Mari kita buka kembali bisnis. Mari kita pastikan ada pekerjaan untuk kembali."

Whitmer mengakui bahwa kebijakannya adalah yang paling ketat di negara itu, tetapi dia mempertahankannya seperlunya karena Michigan menjadi salah satu negara bagian yang paling parah terkena virus corona (Covid-19) itu, karena telah merenggut hingga 3.789 jiwa.

Perintah tinggal di rumah negara bagian Michigan telah diberlakukan sejak 23 Maret, namun kebijakannya telah dilonggarkan sejak Jumat pekan lalu, sehingga memungkinkan beberapa jenis bisnis dapat kembali beroperasi.

Pelonggaran kebijakan ini juga memungkinkan beberapa kegiatan rekreasi luar ruangan dilanjutkan.

Para pengunjuk rasa, banyak dari daerah pedesaan yang merupakan daerah pendukung Trump, berpendapat bahwa lockdown telah melumpuhkan ekonomi di seluruh negara bagian bahkan ketika sebagian besar kematian akibat virus berpusat di wilayah metro Detroit tenggara.

Data pemerintah negara bagian Michigan sampai dengan 30 April mencatatkan 41.300 kasus virus corona yang dikonfirmasi dengan lebih dari 3.700 angka kematian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini