Konten Premium

Order Tersendat Corona, Industri Mebel Merana

Bisnis.com,04 Mei 2020, 11:05 WIB
Penulis: Andi M. Arief & Ipak Ayu H.N
Pengunjung berada di salah satu stand pameran International Furniture Expo (IFEX) 2017 di Jakarta, Senin (13/3/2017)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA — Wabah virus corona turut menghantam industri mebel dan kerajinan di Indonesia. Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia bahkan mencatat 90 persen sumber order dari negara tujuan ekspor furnitur dan kerajinan bermasalah akibat terdampak pandemi.

Sekretaris Jenderal Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan (HIMKI) Abdul Sobur mengatakan saat ini, order mayoritas negara tujuan ekspor atau sekitar 85 persen, telah menerapkan kebijakan lockdown dalam waktu yang tidak sebentar. Tidak hanya kawasan Eropa yang mengimplementasikan lockdown, beberapa wilayah Timur Tengah dan Asia serta Australia pun termasuk zona yang memilih lockdown dalam waktu lama.

“Setelah Amerika Serikat (AS) dan zona Eropa, rerata pembeli kami menunda pengiriman, karena logistik dan transportasi tidak ada yang beroperasi mereka menunda order baru dan bahkan ada yang membatalkan ordernya,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (3/5/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Margrit
Terkini