PGN Palembang Optimistis Ada Penambahan Pelanggan di Tengah Pandemi Covid-19

Bisnis.com,08 Mei 2020, 10:04 WIB
Penulis: Dinda Wulandari
Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk sedang memeriksa operasional jaringan gas rumah tangga. Istimewa/PGN

Bisnis.com, PALEMBANG - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Area Palembang optimistis tetap ada penambahan pelanggan di daerah tersebut tetap berjalan di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Sales Area Head PGN Palembang, Agus Muhammad Mirza, mengatakan pihaknya memiliki target penambahan untuk sektor komersial sepanjang tahun 2020.

“Target penambahan tahun ini sebanyak 55 perusahaan kecil dan 12 pelanggan dari industri komersial,” katanya, Jumat (8/5/2020).

Mirza memaparkan saat ini perseroan telah mengelola gas sebanyak 8 billion british thermal unit per day (BBTUD) di Area Palembang.

Dia menambahkan selain memasok gas untuk dunia usaha di Sumsel, pihaknya pun turut melayani pelanggan rumah tangga.

Hingga kini, gas yang dikelola PGN telah mengalir untuk 12.000 pelanggan rumah tangga (RT). Sementara untuk pelanggan komersial mencapai 90 pelanggan.

“Jaringan rumah tangga tersebut tersebar di Kota Palembang dan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba),” katanya.

Adapun tahun 2020 akan dilakukan pengembangan jaringan dengan APBN sebanyak sekitar 266.000 sambungan di 49 kabupaten/kota. Selain itu adapula program jargas mandiri yang bersumber dari dana PGN sebanyak 500.000 sambungan pada tahun 2020-2021.

“Salah satu pengembangan jaringan tersebut berada di Area Palembang,” kata Mirza.

Menurut dia, perseroan pun secara nasional tetap melanjutkan pengembangan infrastruktur  untuk jaringan gas yang ditugasi Kementerian ESDM di tengah keadaan darurat Covid-19.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan, pembangunan jargas rumah tangga pemerintah tetap berjalan dengan standar ketat dan sesuai target.

“Progress pembangunan jargas APBN bulan April telah mencapai 39 persen. Kementerian ESDM menugaskan PGN menyelesaikan pembangunan 266.000 jargas rumah tangga pada tahun ini,” katanya dalam siaran pers.

Rachmat menjelaskan program jargas pemerintah menjadi concern PGN, karena merupakan salah satu proyek strategis nasional dalam rangka bauran energi nasional.

“Melalui Jargas, masyarakat dapat menikmati manfaat gas bumi secara langsung,” kata dia.

Adapun saat jargas yang telah terbangun mencapai 19.099 pelanggan. Jaringan tersebut tersebar di 9 kota/kabupaten yaitu Aceh Utara, Dumai, Kabupaten Banggai, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Proboliinggo, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Karawang, Kota Bekasi, dan Kota Mojokerto.

PGN saat ini telah mengelola lebih dari 390.000 sambungan rumah tangga Jargas yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dengan panjang pipa lebih dari 3.800 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sutarno
Terkini