Konten Premium

Historia Bisnis: Saat Bakrie Mulai Getol Memupuk Kebun Sawit

Bisnis.com,09 Mei 2020, 14:41 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR), yang melantai di bursa pada 28 Agustus 1989, didirikan pada 1942 oleh almarhum H. Achmad Bakrie (1914-1997) menjadi induk usaha dari emiten-emiten grup Bakrie. Instagram/#aburizalbakrie.id

Bisnis.com, JAKARTA — Pada masa puncak keemasan, konglomerasi bisnis Grup Bakrie, pernah punya 10 perusahaan—dengan kepemilikan mayoritas—yang namanya tercatat di Bursa Efek Indonesia, dari mulai perkebunan, pertambangan, telekomunikasi, properti, infrastruktur hingga media. Luasnya cakupan bisnis Bakrie  memang tak perlu dipertanyakan lagi.

Meski demikian, cikal bakal gurita bisnis Bakrie Group ketika Achmad Bakrie mendirikan CV Bakrie & Brothers di Telukbetung pada 1942 adalah perdagangan karet, lada, dan kopi. Dari awalnya hanya sekadar berdagang, kelak Achmad Bakrie memiliki perkebunan karet sendiri dan bahkan merambah hingga kelapa sawit. Lalu kapan tepatnya, Bakrie mulai menjajal bisnis minyak sawit mentah?

Apabila publik ingat, ada satu perusahaan yang belakangan memang jarang digembar-gemborkan, namanya PT Bakrie Sumatra Plantations Tbk. (UNSP). Sempat mencicipi harga saham di level tertinggi lebih dari Rp28.000 per lembarnya pada 15 Januari 2008, kini harga saham UNSP nongkrong di level Rp52 pada Jumat (8/5/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Gajah Kusumo
Terkini