Konten Premium

Pengesahan UU Minerba, Tanda Batu Bara Anak Emas Negara?

Bisnis.com,13 Mei 2020, 19:00 WIB
Penulis: Duwi Setiya Ariyanti
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif mengikuti rapat kerja bersama Komisi VII DPR tentang Pembahasan Tingkat I RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (RUU Minerba) serta pengesahan Tim Panitia Kerja (Panja) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (12/2/2020)./ ANTARA - Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA— Undang Undang tentang Mineral dan Batu Bara melenggang meninggalkan regulasi lain di sektor energi yang mendekam di ruang rapat legislator Senayan. Laju penyelesaian beleid itu pun mengundang tanya, benarkah batu bara anak emas negara?

Beleid yang diusulkan untuk direvisi pada 2014 akhirnya terlahir kembali. Kendati menghadapi dinamika selama berproses di meja Dewan, UU Minerba mampu melewati jalan tol dan melaju hingga akhirnya disahkan.

Padahal, di sektor yang sama ada regulasi lain yang mengekor yakni Rancangan Undang Undang (RUU) Minyak dan Gas Bumi dan RUU Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Rampungnya UU Minerba lebih dulu di tengah masa pandemi pun memantik diskusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Duwi Setiya Ariyanti
Terkini