BSL 2 Ditargetkan Mampu Periksa 200 Sampel Covid-19 per Hari

Bisnis.com,14 Mei 2020, 11:54 WIB
Penulis: Dea Andriyawan
Biosafety Level 2 (BSL 2) milik Pemerintah Kota Bandung diproyeksikan mampu memeriksa 200 sampel untuk uji virus corona./Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG – Biosafety Level 2 (BSL 2) milik Pemerintah Kota Bandung diproyeksikan mampu memeriksa 200 sampel untuk uji virus corona jenis Covid-19 per hari.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita, mengatakan dalam pengoperasiannya, BSL 2 akan dilakukan oleh tenaga medis dan ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

‎"Alhamdulillah, hari ini juga BSL 2 Kota Bandung beroperasi dengan memilki kesiapan 5.000 tes untuk pemeriksaan sampal dan sehari bisa memeriksa 200 sampel,"‎ kata Rita di Kantor Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (13/5/2020).

Rita mengklaim tes Covid-19 yang dilakukan di BSL 2‎ bisa lebih cepat sehingga BSL 2 diproyeksikan juga mampu membantu operasional Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Jawa Barat.

"Cara kerjanya, hari ini masuk 200 sampel diperiksa, besoknya hasilnya bisa disampaikan," kata Rita.

Menurutnya, BSL 2 untuk saat ini akan diprioritaskan bagi warga Kota Bandung yang telah melakukan swab test. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat hasil tes tersebut diketahui.  ‎"Ini memang diutamakan untuk warga Kota Bandung yang sudah diambil swab-nya, itu yang kami dahulukan."

Selama ini, hasil dari swab test yang diperiksa di Labkesda Jabar memerlukan waktu hingga 7 hari sehingga untuk mengetahui sampel positif atau negatif Covid-19 relatif lebih lama. "Mudah-mudahan mempercepat swab test, supaya tidak telat keluar hasil," kata Rita.‎

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini