Indeks Futures AS Menguat, Bursa Asia Bergerak Variatif

Bisnis.com,18 Mei 2020, 09:50 WIB
Penulis: Ria Theresia Situmorang
Tokyo Stock Exchange./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks futures Amerika Serikat terpantau menguat, sementara bursa Asia dibuka variatif pada awal perdagangan pekan ini.

Kali ini, investor masih menimbang pembukaan kembali kegiatan ekonomi di sejumlah negara didorong oleh tanda-tanda berlanjutnya kegiatan operasional bisnis. Padahal, tensi ketegangan Amerika Serikat dan China masih berlanjut.

Berdasarkan Bloomberg, futures indeks S&P 500 naik setelah indeks ditutup menghijau ke level 2.863,70, dengan peningkatan 0,39 persen pada perdagangan Jumat (15/5/2020).

Sementara, bursa Jepang dan Korea terpantau mengalami koreksi setelah dibuka menguat pada awal perdagangan hari ini. Di sisi lain, bursa Australia naik, sedang pasar saham di Hong Kong bergerak fluktuatif.

Kegiatan ekonomi di wilayah California, Amerika Serikat dilaporkan sudah mulai berjalan 75 persen, sementara kota New York juga perlahan sudah mulai membuka diri. Perwakilan Apple juga mengatakan hampir 100 toko telah dibuka kembali. 

Sementara sejumlah negara Eropa terus melaporkan jumlah kematian harian terendah sejak Maret, The A.S. Friday baru-baru ini melaporkan rekor penurunan penjualan ritel dan output pabrik Amerika Serikat.

"Saat momentum pelonggaran lockdown, potensi aset berisiko meningkat akan terjadi dalam waktu dekat, namun pemulihan ekonomi yang sarat dengan ketidakpastian juga sangat berisiko,” ujar Seema Shah, kepala strategi di Principal Global Investors.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell sebelumnya mengatakan ekonomi Amerika Serikat akan pulih dari pandemi COVID-19, tetapi prosesnya dapat berlangsung sampai akhir tahun depan dan bergantung pada pengadaan vaksin.

Ikhtisar pergerakan pasar:

Bursa

Kurs

Obligasi

Komoditas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rivki Maulana
Terkini