Konten Premium

Pandemi Corona Ganggu Kinerja PT KAI, Angkutan Barang Jadi Penopang

Bisnis.com,19 Mei 2020, 15:31 WIB
Penulis: Devi Sri Mulyani, Anitana W. Puspa & Andi M. Arief
Penumpang melintas di dalam gerbong Kereta Api Luar Biasa (KLB) jurusan Bandung - Surabaya Pasar Turi di Stasiun Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/5/2020). PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan enam perjalanan KLB pada 12-31 Mei 2020 dan masyarakat yang diperbolehkan menggunakan KLB hanya yang memenuhi syarat./ANTARA FOTO-M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA — Terganggunya operasional kereta api akibat pandemi virus corona memaksa PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk menyusun strategi baru demi mempertahankan kinerja.

Seiring dengan terbatasnya mobilitas masyarakat yang mengakibatkan penurunan okupansi, realisasi pendapatan kini ditopang oleh bisnis angkutan barang. Selama periode Januari-April 2020, pendapatan perusahaan perkeretaapiaan itu mencapai Rp4,2 triliun dengan didominasi pendapatan dari angkutan barang sebanyak Rp2,3 triliun dan Rp1,9 triliun dari angkutan penumpang.

Pendapatan perseroan mulai berkurang sejak pertengahan Maret 2020, seiring dengan penurunan mobilitas masyarakat akibat penerapan sejumlah kebijakan pembatasan sosial untuk mencegah penyebaran virus corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Margrit
Terkini