Karyawan Freeport Pasien Covid-19 Meninggal

Bisnis.com,22 Mei 2020, 08:36 WIB
Penulis: Newswire
Jubir Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Papua dr. Silwanus Sumule./Antara-Evarukdijati

Bisnis.com, JAYAPURA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengungkapkan seorang pasien karyawan PT. Freeport yang terjangkit Covid-19 dan dirawat di RS Tembagapura meninggal.

"Memang benar, Kamis (21/5) didapat laporan adanya pasien meninggal setelah dirawat di RS Tembagapura. Dengan meninggalnya seorang pasien tersebut, tercatat dua orang meninggal di rumah sakit itu akibat COVID-19," kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Papua Dr. Silwanus Sumule di Jayapura, Kamis (21/5/2020) malam.

Dia menjelaskan, sebelumnya tanggal 3 April lalu seorang karyawan meninggal akibat terpapar Covid-19. Jumlah pasien Covid-19 di Tembagapura tertinggi di Kabupaten Mimika dan sebagian besar adalah karyawan PT. Freeport.

Ketika ditanya saat ini berapa banyak karyawan perusahaan penambangan terbesar di Indonesia yang terjangkit Covid-19, Sumule menjelaskan saat ini datanya belum ada.

"Nanti saya cek ke Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Timing," ungkap Sumule dalam keterangan pers yang dilakukan melalui live streaming.

Data yang dihimpun Antara mengungkapkan secara kumulatif jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Mimika tercatat 165 kasus, 114 di antaranya berada di Distrik Tembagapura.

Adapun pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh setelah sempat dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan tercatat 134 orang.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Papua Dr. Silwanus Sumule menerangkan pasien yang sembuh itu berasal dari 11 kabupaten- kota dan terbanyak berasal dari Kabupaten Mimika, yakni 49 orang. Menyusul Kota Jayapura 34 orang, Kabupaten Jayapura 23 orang, Merauke 11 orang, Keerom dan Jayawijaya masing-masing empat orang, tiga orang dari Kabupaten Sarmi.

Selanjutnya, Kabupaten Biak dan Mamberamo Tengah masing-masing dua orang yang dinyatakan sembuh, sedangkan Kabupaten Nabire dan Boven Digul masing-masing satu orang.

Sementara itu, kata Sumule, jumlah warga yang positif terpapar Covid-19 tercatat 538 orang dan dirawat 394 orang. Pasien positif terjangkit virus corona saat ini dirawat di rumah sakit rujukan.

"Ada 16 rumah sakit di Papua yang menjadi rujukan COVID-19," kata dr.Sumule yang juga menjabat Sekretaris Dinas Kesehatan Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Miftahul Ulum
Terkini