Imbas Covid-19, Perusahaan Logistik Lepas Pekerja Kontrak

Bisnis.com,24 Mei 2020, 15:11 WIB
Penulis: Newswire
Petugas melakukan bongkar muat barang di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (25/2/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan sektor logistik terpaksa harus melepas pekerja kontrak atau harian dalam rangka efisiensi biaya operasional pada masa pandemi Covid-19.

Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldi Ilham Masita mengatakan perusahaan saat ini tengah melakukan pengetatan anggaran dengan melepas tenaga kerja kontrak atau harian. Upaya efisiensi lain yang dilakukan adalah menunda pelaksanaan investasi.

"Banyak tenaga harian yang tidak dilanjutkan kontraknya. Kami dalam tahap mengaktifkan survival mode," kata Zaldi, Minggu (24/5/2020).

Dia menjelaskan selama Ramadan dan Lebaran 2020, kinerja logistik tercatat anjlok hingga 70 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. ALI mencatat, kondisi ini utamanya terjadi untuk pengiriman jarak jauh, baik melalui transportasi darat maupun udara.

Menurutnya, situasi tersebut didorong oleh menurunnya tren pemberian parsel dari perusahaan-perusahaan besar kepada karyawan maupun mitra lantaran krisis pandemi Covid-19. Di samping itu, tren masyarakat membeli barang-barang untuk kategori produk yang umumnya laku saat Lebaran pun melemah.

Pihaknya menilai produk yang mengalami penurunan permintaan adalah elektronik, fesyen, dan otomotif. Hal ini terjadi karena adanya penurunan daya beli masyarakat akibat krisis.

Zaldi menuturkan pemulihan sektor logistik nantinya bakal tergantung pada reaktivasi ekonomi. "Sektor logistik enable dari industri dan perdagangan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rio Sandy Pradana
Terkini