Mayoritas Pemudik, Warga di Desa Cempaka Cirebon Ikuti Tes Swab

Bisnis.com,28 Mei 2020, 16:55 WIB
Penulis: Hakim Baihaqi
Warga di Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menjalani tes swab untuk mendeteksi Covid-19./Bisnis-Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Puluhan warga di Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menjalani tes swab untuk mendeteksi Covid-19 di Balai Desa Cempaka, Kamis (28/5/2020).

Pelaksanaan tes tersebut dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cirebon.

Kepala Desa Cempaka, Adam, menyebutkan, Desa Cempaka mendapatkan kesempatan tes swab untuk 50 orang. Hal tersebut hasil dari pengajuan pemerintah desa ke puskesmas desa.

“Kalau masyarakatnya harus ke rumah sakit, mereka nanti harus bayar sendiri dan mahal,” kata Adam di lokasi tes swab.

Pelaksanaan tes swab tersebut, untuk puluhan warga Desa Cempaka, yakni pemudik, orang dalam pemantauan (ODP), dan perantau yang ingin kembali ke tempat perantauan.

Adam mengatakan, nantinya puluhan warga tersebut, terutama perantau yang akan kembali ke perantauan, akan diberikan surat pengantar dari desa untuk kelengkapan surat izin keluar masuk wilayah.

“Jumlah pemudik yang ada di desanya itu melebihi dari 350 orang. Maka pihaknya akan mencoba meminta swab test ini kembali,” katanya.

Selain itu, kata Adam, pemerintah desa beberapa kali mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), olahraga teratur, dan makan-makanan yang bergizi.

”Sudah disampaikan kalau keluar rumah harus pakai masker,” katanya. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini