Aliansi Volkswagen-Ford Siapkan Tiga Proyek Besar

Bisnis.com,31 Mei 2020, 17:20 WIB
Penulis: Fatkhul Maskur
Aliansi Volkswagen-Ford membidik efisiensi yang diumumkan pada 2019 memasuki fase kedua. /Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Volkswagen AG dan Ford Motors Company bersepakat untuk melanjutkan alinsi globalnya. Kerja sama antara kedua pabrikan otomotif ini pertama kali diumumkan pada 2019.

Dalam pernyataan resmi Volkswagen yang dikutip Minggu (31/5/2020), disebutkan bahwa setelah tonggak pertama dicanangkan tahun lalu, tonggak berikutnya dalam proyek kendaraan segera diimplementasikan dalam waktu dekat dengan tanda tangan kedua perusahaan.

Adapun tiga proyek besar di bidang elektrifikasi dan kendaraan komersial direncanakan akan direalisasikan sebagai langkah pertama.

Aliansi global Volkswagen-Ford, yang tidak melibatkan kepemilikan silang antara perusahaan, diharapkan akan menciptakan efisiensi tahunan untuk setiap perusahaan.

Menunggu penyelesaian formal, perjanjian yang diusulkan diharapkan mencakup proyek-proyek berikut:

> Modular Electric Toolkit (MEB) Volkswagen akan digunakan oleh Ford untuk kendaraan listrik di Eropa.

> Pickup ukuran sedang yang dikembangkan oleh Ford dan diadaptasi oleh Volkswagen Commercial Vehicles di pasar tertentu.

> Dua proyek kendaraan lebih lanjut yang akan dilaksanakan, yang mana Volkswagen Commercial Vehicle akan bertanggung jawab atas pengembangan van pengiriman kota, sementara Ford akan mengawasi perencanaan van di segmen loader 1 ton.

Proyek tambahan dapat mengikuti, serta investasi di Argo AI, perusahaan platform kendaraan otonom. Melalui kerja sama, kedua produsen berencana untuk mewujudkan efek sinergi yang signifikan dari biaya pengembangan bersama serta sinergi produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini