Warganet Sangsikan Diskusi Tertutup Menko Luhut dan Djamester

Bisnis.com,12 Jun 2020, 13:59 WIB
Penulis: Oktaviano DB Hana
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan berdiskusi dengan Djamester yang merupakan dosen senior Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Kamis (11/6/2020)/Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA - Diskusi Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dengan dosen senior Universitas Indonesia Djamester Simarmata masih menjadi sorotan warganet.

Namun, diskusi yang berlangsung kemarin, Kamis (11/6/2020) sore, itu justru disanksikan oleh masyarakat pengguna Twitter dengan tanda pagar (tagar) SimarmataDanLuhutMainMata. Pasalnya, tantangan debat terbuka yang diagendakan justru malah berakhir dengan diskusi tertutup.

Hingga siang hari ini ada sekitar 2.200 unggahan di media sosial itu dengan tagar yang sama.

"Yg namanya debat itu terbuka dan dilihat banyak orang, biar banyak yg mengambil pelajaran dr isi debat," demikian cuitan akun @adiebmch1.

Seperti diketahui, diskusi Luhut bersama Djamester berlangsung selama satu jam. Selain membahas utang dan kondisi keuangan negara, diskusi itu juga diisi dengan topik mengenai ekonomi makro.

Djamester memberikan penjelasan terkait alasan diskusi tersebut dilangsungkan secara tertutup. Menurutnya, diskusi ilmiah tidak mesti dilakukan terbuka.

Apalagi, terminologi ilmiah dinilai tidak akan dipahami oleh masyarakat luas.

Pada hari yang sama, Menko Luhut sebenarnya akan melakukan diskusi dengan Rizal Ramli. Namun, agenda itu batal lantaran Rizal Ramli enggan berdebat dalam diskusi tertutup.

Tantangan debat disampaikan Luhut kepada pihak-pihak yang mengkritik aksi pemerintah dalam mencetak utang. Salah satu pihak yang keras mengkritik utang pemerintah adalah Rizal Ramli.

Debat antara Luhut dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman periode sebelumnya itu dikabarkan bakal dihelat pada 24 Juni 2020.

Hal ini terungkap dari unggahan juru bicara Rizal Ramli, Adhie Massardi, di akun Twitter resminya.

Adhie pun memberikan konfirmasi atas kabar tersebut kepada Bisnis, Kamis (11/6/2020) malam. "Benar," jelas Adhie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Oktaviano DB Hana
Terkini