Sumbawa NTB Gempa Magnitudo 5,3 Dengan 5 Kali Gempa Susulan

Bisnis.com,13 Jun 2020, 19:24 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari
Ilustrasi gempa

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Sabtu, 13 Juni 2020 pukul 16.15.50 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Bali-Nusa Tenggara diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Magnitudo 5,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,04 LS dan 117,90 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 70 km arah Tenggara Kota Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa, NTB pada kedalaman 11 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, BMKG menyebutkan gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktifitas sesar lokal.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Sumbawa III-IV MMI, Bima, Dompu, III MMI, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah, Mataram, Karangasem, dan Labuan Bajo, II

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga hari Sabtu, 13 Juni 2020 pukul 16.30 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 5 (lima) aktivitas gempabumi susulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini