Pasar Tos 3.000 Batam jadi Titik Panas Penularan Covid-19

Bisnis.com,16 Jun 2020, 14:55 WIB
Penulis: Bobi Bani
Ketua Harian Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Amsakar Achmad./Bisnis-Bobi Bani.

Bisnis.com, BATAM - Ketua Harian Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Amsakar Achmad menjelaskan kalau sebaran kasus Covid-19 di pasar Tos 3.000 akan mendapat penanganan khusus.

Sampai saat ini, sudah ada 13 dari 181 pasien positif Covid-19 Kota Batam yang terjangkit di kawasan pasar ini.

Penutupan pasar ini akan dikoordinasikan Pemerintah Kota (Pemkot) Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam. Termasuk waktu penutupan yang diharapkannya bisa dilakukan secepatnya.

"Penanganan kasus di pasar Tos 3.000 juga akan dilakukan seperti sebelumnya, karena sudah 13 orang maka harus tutup sementara waktu," kata Amsakar di Ruang Rapat Kantor Pemko Batam, Selasa (16/6/2020).

Pada prosesnya, lanjut Amsakar, penutupan akan dilakukan untuk beberapa hari saja. Saat itu akan dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan dan sebagainya.

Upaya ini, kata Amsakar lagi, sudah didiskusikan dengan manajemen pasar Tos 3.000. Pihak manajemen juga mengaku khawatir atas kondisi yang terjadi saat ini.

"Memang ini harus dihentikan sementara, kita semprot 3 hari. Manajemen tos 3000 khawatir juga terkait dengan jumlah pasien yang sudah terpapar," kata Amsakar lagi.

Resiko terganggunya aktivitas ekonomi atas penutupan pasar ini, lanjutnya memang harus diambil. Demi menahan laju sebaran Covid-19 dari pasar ini.

"Lebih lengkapnya nanti akan dibicarakan oleh Disperindag," kata Amsakar.(K41)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Miftahul Ulum
Terkini