5 Berita Populer Finansial, Kinerja BCA Diprediksi Pulih Lebih Cepat Dibandingkan Bank Lain dan Corona Gerogoti Transaksi Kartu GPN

Bisnis.com,22 Jun 2020, 22:14 WIB
Penulis: Laras Devi Rachmawati
Pekerja membersihkan dinding kantor Bank Central Asia (BCA) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/6/2020). Bisnis/Paulus Tandi Bone

1. Kinerja BCA (BBCA) Diprediksi Pulih Lebih Cepat Dibandingkan Bank Lain, Kenapa?

Emiten perbankan big caps diperkirakan akan mengalami penurunan kinerja pada akhir kuartal II/2020, tetapi diperkirakan akan kembali bangkit seiring dengan skenario pemulihan ekonomi pada kuartal selanjutnya.

Vice President Artha Sekuritas Frederik Rasali menilai penurunan kinerja pada kuartal II/2020 sangat sulit dihindari oleh emiten perbankan. Menurutnya, meningkatnya restrukturisasi kredit secara signifikan akan menjadi penekan utama.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Bank Muamalat Jajaki Kerja Sama Kampanye dengan Juventus

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. menjajaki kerja sama kampanye bersama klub sepakbila Italia Juventus Football Club S.p.A. yang bertema #liveahead.

Head of Corporate Affairs Bank Muamalat Hayunaji menyampaikan Juventus melalui perwakilannya di Hong Kong mengirimkan undangan kepada Bank Muamalat untuk berpartisipasi dalam kampanye terbaru mereka.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Ada Temuan Fraud di BPJS Kesehatan, Pemerintah Diminta Buka Hasil Audit

Pemerintah dinilai perlu melakukan pembenahan defisit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan dengan tidak hanya membebankannya kepada masyarakat melalui kenaikan iuran. Langkah pembenahan tersebut perlu mengacu kepada hasil audit BPJS Kesehatan yang sampai saat ini tidak dipublikasikan.

Asisten Peneliti Lokataru Foundation Fian Alaydrus menjelaskan bahwa hingga saat ini, masyarakat belum bisa mengakses hasil audit investigatif Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terhadap BPJS Kesehatan. Padahal, hasil audit tersebut menunjukkan sejumlah permasalahan BPJS yang perlu dibenahi.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Setelah Rights Issue, Bank Yudha Bhakti Siap Genjot Kinerja

PT Bank Yudha Bhakti Tbk. (BBYB) bakal gencar meningkatkan kinerja perseroan setelah penawaran umum terbatas efektif pada awal kuartal ketiga tahun ini.

Sebagai informasi, emiten berkode BBYB ini telah resmi mendapatkan Surat Pemberitahuan Efektif Pernyataan Pendaftaran dalam rangka rights issue tertanggal 18 Juni 2020.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Corona Gerogoti Transaksi Kartu Gerbang Pembayaran Nasional

Transaksi kartu debit Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) mengalami penurunan yang signifikan selama pembatasan sosial berlangsung karena pandemi Covid-19.

Senior Vice President Retail Deposit Product & Solution PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Muhamad Gumilang mengatakan transaksi kartu GPN di Bank Mandiri per April dan Mei 2020 secara umum turun hampir 40 persen-50 persen dari transaksi pada bulan-bulan normal.

Baca berita selengkapnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Sulistyo Rini
Terkini