Daftar Penguasa Pasar Mobil Listrik Dunia, BMW dan VW Bersaing Ketat

Bisnis.com,25 Jun 2020, 14:30 WIB
Penulis: Fatkhul Maskur
BMW iNEXT berwujud SAV. /BMW

Bisnis.com, JAKARTA - BMW sepanjang 5 bulan pertama 2020 tercatat mengontribusi 7% terhadap pasar mobil penumpang listrik di pasar global.

Kontribusi BMW setara dengan merek Volkswagen (7%), namun masih jauh di bawah merek Tesla (22%), demikian data IHS Markit bertajuk New Registrations BEV+PHEV Combined yang dikutip BMW, Kamis (25/6/2020).

Renault, pabrikan Prancis mengontribusi 5%. Adapun Hyundai, Volvo, BYD, Audi, dan Kia masing-masing tercatat menyumbang sekitar 4%. Sementara itu, Peugeot, Mercedes-Benz, Nissan, dan Porsche mengontribusi 3%.

Dari sisi wilayah, Norwegia menjadi negara dengan pangsa pasar mobil listrik terbesar (69,0%), diikuti Jerman (7,6%), Inggris (6,9%), dan Amerika Serikat (5,1%). Di Uni Eropa, termasuk Jerman, mobil listrik mengontribusi pasar 7,7%.

Kecuali di Amerika Serikat, BMW mencatatkan kontribusi model kendaraan listrinya terhadap penjualannya lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kontribusi mobil listrik di suatu negara.

Di Norwegia, mobil listrik mengontribusi penjualan BMW hingga 85,3%, adapun di Uni Eropa mencapai 13,5%, di Jerman 11,2%, dan Inggris mencapai 12,4%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini