Northvolt-Hydro Bangun Pusat Daur Ulang Baterai Mobil Listrik

Bisnis.com,25 Jun 2020, 20:20 WIB
Penulis: Fatkhul Maskur
Output material dari proses daur ulang di Fredrikstad akan mencakup apa yang disebut massa hitam dan aluminium, yang masing-masing akan diangkut ke pabrik daur ulang Northvolt dan Hydro. /NORTHVOLT

Bisnis.com, JAKARTA - Northvolt dan Hydro membentuk perusahaan patungan, Hydro Volt, untuk mendaur-ulang material baterai dan aluminium kendaraan listrik. Pusat daur ulang yang dibangun di Norwegia itu mulai beroperasi pada 2021.

Peluncuran usaha patungan ini mengikuti investasi di Northvolt oleh Hydro pada 2019 dan semakin memperkuat kemitraan antara produsen baterai dan perusahaan aluminium, yang berbasis pada pengembangan teknologi industri melingkar dan aliran material.

Hydro Volt akan mulai beroperasi di Fredrikstad, Norwegia, dengan umpan baterai dari pasar EV Norwegia, yang merupakan salah satu yang paling canggih di dunia.

“Northvolt telah menetapkan target 50 persen bahan baku pada 2030 dari baterai daur ulang. Kemitraan dengan Hydro adalah penting untuk pasok bahan eksternal,” kata Emma Nehrenheim, Chief Environmental Officer yang bertanggung-jawab atas unit bisnis daur ulang Revolt at Northvolt.

Melalui proyek Revolt, Northvolt berupaya mengurangi kebutuhan akan bahan baku penambangan, meningkatkan keamanan pasokan, dan menurunkan jejak lingkungan sel dengan mengurangi emisi yang terkait dengan penambangan.

Target ini akan diamankan melalui penumpukan bertahap dalam kapasitas daur ulang, dimulai dengan peluncuran pilot plant akhir tahun ini diikuti oleh pendirian pabrik daur ulang skala penuh di Northvolt Ett gigafactory untuk baterai lithium-ion di Skellefteå, Swedia, pada 2022.

Kemitraan antara Hydro dan Northvolt adalah contoh dari potensi yang muncul dari sinergi antara industri yang berbeda karena ekonomi Eropa menjadi lebih melingkar dan tidak mengandung karbon.

“Kami sangat gembira dengan peluang yang diwakilinya ini," kata Arvid Moss, Wakil Presiden Eksekutif untuk Energi dan Pengembangan Perusahaan di Hydro.

Hydro Volt dapat menangani aluminium dari baterai akhir masa pakai sebagai bagian dari total rantai nilai logam, sekaligus berkontribusi pada ekonomi sirkular dan pada saat yang sama mengurangi jejak iklim dari logam disuplai.

Pusat daur ulang, yang akan sangat otomatis dan dirancang untuk menghancurkan dan menyortir baterai, akan memproses lebih dari 8.000 ton baterai pada tahap awal peluncuran dengan kapasitas yang diperluas seiring waktu.

Output material dari proses daur ulang di Fredrikstad akan mencakup apa yang disebut massa hitam dan aluminium, yang masing-masing akan diangkut ke pabrik daur ulang Northvolt dan Hydro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini