Koalisi Golkar-Demokrat, Airlangga dan AHY Sepakat Usung 33 Calon di Pilkada

Bisnis.com,26 Jun 2020, 03:11 WIB
Penulis: Newswire
Putra Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) dan istri Annisa Pohan (kanan) saat menyambangii kediaman Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri untuk berhalalbihalal, di Jakarta, Rabu (5/6/2019)./ANTARA FOTO-Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berhasil menyepakati koalisi di beberapa daerah pada Pilkada mendatang.

Airlangga mengungkapkan Partai Golkar dalam Pilkada ini memiliki 33 pasangan bersama dengan Partai Demokrat.

"Ada potensi [koalisi] di 31 daerah lain,” kata Airlangga kepada wartawan selepas pertemuan, Kamis (25/6/2020).

Airlangga mengatakan pertemuannya dengan AHY membicarakan bagaimana bekerja sama di level provinsi atau kabupaten/ kota. Menurutnya, karena kondisi multipartai, maka wajar gubernur, bupati dan walikota berangkat dari partai yang berbeda.

Koalisi pun, tambah Airlangga, tidak terbatas hanya dengan partai yang mendukung pemerintah di tingkat pusat. Namun juga dengan partai di luar pemerintah, sebagaimana menjadi sikap Demokrat saat ini.

“Ini tidak hanya tertutup kepada partai yang ada di pemerintahan. Tapi partai yang juga di luar pemerintahan pada saat sekarang,” ucap Menteri Koordinator Perekonomian ini.

AHY mengatakan kunjungan kali ini ke markas Golkar adalah untuk membangun sinergi. Agar di daerah-daerah yang potensial dapat terbangun hubungan yang baik antar kedua partai, dan kandidat yang diusung.

“Mudah-mudahan di berbagai daerah yang kami anggap potensial dan memiliki chemistry yang baik antara kandidat yang kami usung jika itu menjadi kebaikan maka bisa kami bangun koalisi yang baik di daerah,” ujar AHY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hadijah Alaydrus
Terkini