Konten Premium

Pertaruhan Pembukaan Pariwisata di Tengah Pandemi

Bisnis.com,06 Jul 2020, 13:36 WIB
Penulis: Yustinus Andri DP
Suasana kawasan wisata Pantai Kuta yang ditutup sementara tampak lengang di Badung, Bali, Minggu (31/5/2020). Salah satu destinasi pariwisata utama di Pulau Dewata tersebut masih ditutup dari aktivitas masyarakat dan kunjungan wisatawan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19./Antara-Fikri Yusufn

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagai negara dengan salah satu motor perekonomian yang berasal dari sektor pariwisata, wabah Covid-19 tentu menjadi kendala besar keberlangsungan industri tersebut.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kontribusi sektor pariwisata terhadap produk domestik bruto nasional (PDB) pada 2019 mencapai 4,80 persen. Kontribusi itu berasal dari meningkatnya jumlah wisatawan mancanegara dan nusantara serta investasi di sektor tersebut.

Namun, dengan adanya wabah Covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia sejak awal tahun ini, pariwisata RI tak lagi bisa berkembang dengan baik. Sektor tersebut terpaksa harus tiarap lantaran wabah virus tersebut membuat mobilitas manusia harus dibatasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yustinus Andri DP
Terkini