Konten Premium

Silang Pendapat Isu Kembalinya Tugas Pengawasan Bank ke BI

Bisnis.com,08 Jul 2020, 12:01 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Petugas dengan menggunakan sarung tangan melayani nasabah di Kantor Cabang Digital Bank Mandiri Syariah Thamrin, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Selain menerapkan protokol kesehatan ketat saat melayani nasabah secara langsung, sejumlah bank juga melakukan akselerasi teknologi dengan mengedepankan layanan digital sebagai ujung tombak operasional perbankan di era normal baru./ANTARA FOTO-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA — Sebermulanya terjadi pada awal 2020. Pecahnya skandal korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) bikin Presiden Joko Widodo sempat mengirim sinyal geram pada Otoritas Jasa Keuangan.

Jokowi, usai rapat kabinet pada Jumat (17/1/2020), membuka peluang dilakukannya revisi atas Undang-Undang (UU) Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seiring dengan munculnya berbagai masalah di industri jasa keuangan nasional.

“Ini [kasus Jiwasraya] adalah momentum mereformasi industri keuangan. Bisa saja UU OJK juga direvisi karena dibentuk sejak 2012, sebelumnya Bapepam-LK [Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan],” ucapnya, kala itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Margrit
Terkini