Perkembangan Vaksin Covid-19 Bikin Wall Street Tersengat

Bisnis.com,15 Jul 2020, 21:29 WIB
Penulis: Rivki Maulana
Tanda Wall Street tampak di depan Bursa Efek New York (NYSE) di New York, AS./ Michael Nagle - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa Amerika Serikat (AS) kembali menggeliat setelah indeks saham menguat seiring dengan ekspektasi penemuan vaksin virus corona (Covid-19).

Dilansir dari Bloomberg, Rabu (15/7/2020), indeks S&P 500 naik sekitar 1 persen dan mengurangi koreksi dalam tahun berjalan (year to date). Indeks S&P 500 naik 42 persen dari posisi terendah pada akhir Maret 2020 lalu. Hingga pukul 21.16 WIB, indeks S&P 500 naik 0,98 persen sedangkan indeks Dow Jones Industrial 0,83 persen. Indeks Nasdaq juga naik 1,33 persen.

Saham Modern Inc melonjak dan mencetak rekor setelah pembuat obat itu melaporkan hasil uji coba vaksin yang menjanjikan. Saham AstraZaneca Plc juga naik setelah ada laporan positif tentang perkembangan vaksin virus corona.

Sementara itu saham maskapai penerbangan, operator kapal pesiar, pengelola hotel menguat karena investor mulai melirik saham-saham yang dinilai mendapat keuntungan dari pelonggaran pembatasan perjalanan. 

Perkembangan pencarian vaksin virus corona memang membawa optimisme di pasar keuangan. Dalam beberapa waktu terakhir, pasar keuangan mencoba bergerak maju di tengah kekhawatiran gelombang kedua penyebaran virus.

"Berita tentang vaksin jelas merupakan perkembangan positif," ujar Mark Nash, Head of Fixed Income di Merian Global Investors seperti dikutip dari Bloomberg, Rabu (15/7/2020).

Namun dia Nash mengingatkan penemuan vaksin masih jauh. Pola yang terbentuk sekarang seperti huruf W yang naik turun. Terlepas dari situ langkah The Federal Reserve dalam memberikan stimulus masih bisa menjaga pasar keuangan dari kejatuhan

Berikut perkembangan pasar keuangan dunia

Saham

Mata uang

Obligasi

Komoditas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rivki Maulana
Terkini