Bioskop Dibuka Kembali Mulai Pekan Depan di China

Bisnis.com,17 Jul 2020, 09:20 WIB
Penulis: Newswire
Ilustrasi-Salah satu gedung bisokop utama di Kota Ningbo, Provinsi Zhejiang, China/Antara-M. Irfan Ilmie

Bisnis.com, JAKARTA- Bioskop-bioskop di China yang berada di daerah berisiko rendah penularan Covid-19 akan segera dibuka kembali.

China berencana mengizinkan sebagian besar bioskop itu dibuka kembali mulai 20 Juli 2020. Sejak penyebaran virus Corona, bioskop di Cihina ditutup hampir selama enam bulan.

Dilansir Reuters, pelonggaran itu telah lama dinantikan di pasar film terbesar kedua dunia tersebut.

Pembatasan wilayah di China telah dikurangi secara bertahap karena infeksi berkurang drastis sejak Maret, dan banyak restoran serta pusat perbelanjaan sudah dibuka selama beberapa bulan.

Bioskop di daerah berisiko rendah akan kembali beroperasi, tapi tetap ada pembatasan seperti jam penayangan yang dikurangi dan kewajiban memakai masker. Namun bioskop di daerah berisiko sedang dan tinggi akan tetap ditutup, kata China Film Administration dalam pernyataan.

Saat ini tidak ada area di China yang dikategorikan berisiko tinggi, kata pemerintah, dan hanya empat area di kota Beijing yang masuk kategori risiko sedang.

"Ini adalah berita baru untuk industri dan orang-orang merasa senang," kata Gao Jun, mantan general manajer Xinyinglian Cinema Chain yang bermarkas di Beijing, dikutip dari Reuters, Jumat (17/7/2020).

Gao Jun menyebutkan industri bioskop di China sedang putus asa karena biaya operasional yang tinggi: termasuk biaya sewa.

Bioskop yang dibuka lagi harus membatasi jumlah pengunjung menjadi 30 persen dari biasanya, memastikan ada kursi yang kosong di antara penonton untuk pembatasan jarak. Pengunjung harus memesan tiket sejak awal dan tidak boleh membawa makanan dan minuman.

Bioskop di China ditutup sejak akhir Januari untuk mengatasi virus yang muncul dari pusat kota Wuhan akhir tahun lalu, sebelum menyebar ke dunia dan menginfeksi 14 juta orang dan menyebabkan 583.000 kematian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini