Konten Premium

Kasus Covid-19 Indonesia Lampaui China, Alarm Pemerintah Sudah Menyala

Bisnis.com,22 Jul 2020, 10:30 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Petugas medis menunjukkan hasil negatif pada alat diagnostik cepat (rapid test) COVID-19 usai memeriksa salah satu pedagang di Pasar Babadan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (4/6/2020). Tes tersebut menyasar puluhan pedagang ikan untuk melacak serta memutus rantai penyebaran virus Corona (COVID-19) dari lokasi ditemukannya puluhan pedagang maupun pengunjung yang dinyatakan positif COVID-19 di pusat penjualan hasil laut Pasar Ikan Rejomulyo (Pasar Kobong) Kota Semarang./ANTARA FOTO-Aji Styawan

Bisnis.com, JAKARTA — “Saya cenderung untuk bekerja maksimal tanpa membandingkan dengan negara lain. Jika dikaji risiko epidemiologinya, Indonesia bukan China, dan China bukan Indonesia. Tidak sama.”

Kalimat tersebut diucapkan Achmad Yurianto, ketika masih menjadi juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dalam konferensi pers Minggu (19/7/2020). Yuri tengah berupaya menjinakkan perbincangan soal fakta bahwa kasus Covid-19 di Indonesia makin jauh melampaui China, negara yang diklaim sebagai tempat asal virus Covid-19.

Kasus positif harian Covid-19 di Indonesia bertambah 1.655 orang menjadi 89.869 kasus per Selasa (21/7). Angka ini bukan saja membuat Indonesia makin menjauhi Negeri Panda, tapi juga bikin Indonesia terus ‘memantapkan diri’ sebagai 1 dari 25 negara selain China yang sudah mencatatkan kasus positif di atas 80.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Margrit
Terkini