Volkswagen Tawarkan Kemitraan di Cloud Industri

Bisnis.com,24 Jul 2020, 18:55 WIB
Penulis: Fatkhul Maskur
Logo Volkswagen terlihat di pabrik perusahaan di Wolfsburg, Jerman, Kamis (12/4)./Reuters-Fabian Bimmer

Bisnis.com, JAKARTA - Volkswagen, bersama dengan Amazon Web Services (AWS) dan mitra integrasi Siemens, membuka Cloud Industri untuk perusahaan manufaktur dan teknologi lainnya.

Perusahaan mitra baru akan dapat terhubung dengan pabrik Volkswagen dan berkontribusi aplikasi perangkat lunak untuk mengoptimalkan proses produksi ke Cloud Industri. Dengan cara ini, berbagai aplikasi perangkat lunak industri yang berkembang pesat untuk pabrik Volkswagen akan dibuat.

Setiap lokasi akan dibuat aplikasi, seperti mesin dan peralatannya, langsung dari Cloud Industri untuk mengoptimalkan produksi (pendekatan app store).

Grup Volkswagen mengharapkan peningkatan efisiensi dan produktivitas yang signifikan di pabriknya. Di sisi lain, perusahaan mitra akan dapat meningkatkan dan mengembangkan aplikasi mereka di salah satu jaringan produksi mobil terbesar di dunia. Selain itu, mereka bisa mengoptimalkan proses dan produk.

Sebagai langkah pertama, sebelas perusahaan internasional perintis, ABB, ASCon Systems, BearingPoint, Celonis, Dürr, GROB-WERKE, MHP, NavVis, SYNAOS, Teradata dan WAGO, akan bergabung dengan Industrial Cloud.

“Dengan Cloud Industri kami menciptakan platform yang memungkinkan mitra untuk menyumbangkan solusi mereka. Ini akan membantu Grup Volkswagen mencapai efisiensi global di pabriknya. Pada waktu bersamaan, kami menciptakan jalur bagi mitra untuk meningkatkan aplikasi mereka dan mengoptimalkan operasi mereka. Dengan cara ini, semua orang akan mendapat manfaat ”, kata Nihar Patel, Wakil Presiden Eksekutif Pengembangan Bisnis Baru di Volkswagen AG, Kamis (23/7/2020).

Di masa depan, Industrial Cloud akan memasukkan semua pabrik Volkswagen di seluruh dunia dan rantai pasokan globalnya dan akan memfasilitasi pertukaran data antara sistem dan pabrik. Sistem ini didasarkan pada teknologi AWS di bidang Internet of Things (IoT), pembelajaran mesin, analisis data, dan layanan komputasi, yang telah diperluas secara khusus untuk memenuhi persyaratan Volkswagen dan industri otomotif.

“Berita hari ini melanjutkan misi awal kami dari proyek Industrial Cloud untuk membantu Volkswagen bersama dengan Siemens dan mitra mereka untuk memfokuskan sumber daya dalam mengoptimalkan produksi, menciptakan peluang bisnis baru untuk produk-produk pintar, dan meningkatkan efisiensi operasional di seluruh rantai nilai,” kata AWS Dirk Didascalou, Wakil Presiden AWS IoT, Amazon Web Services, Inc.

"Kami menantikan untuk menyaksikan kolaborasi pasar berkembang ketika para peserta mengambil keuntungan dari arsitektur terbuka asli AWS dari Cloud Industri."

Grup Volkswagen akan memperluas jajaran aplikasi perangkat lunak berkat dukungan perusahaan mitra, termasuk 11 mitra perintis yang telah membuat aplikasi di Cloud Industri.

Perangkat lunak itu di antaranya algoritma dengan kecerdasan buatan untuk menghitung persyaratan sistem transportasi tanpa pengemudi untuk logistik pabrik dan untuk mendistribusikan sistem ini dengan cara yang ideal.

Selain itu, tersedia perangkat lunak untuk mengoptimalkan efisiensi pabrik (Overall Equipment Effectiveness, OEE), dan aplikasi untuk menghasilkan kembar digital di cloud untuk menyimulasikan penyebaran kapasitas dan interval perawatan mesin tanpa campur tangan dalam proses produksi fisik.

Volkswagen percaya bahwa evolusi Industrial Cloud-nya menjadi jaringan mitra akan membawa manfaat bagi semua perusahaan partisipan. Selain itu, perusahaan mitra dapat menyediakan aplikasi khusus untuk pabrik Volkswagen tertentu.

Dengan cara ini, Grup Volkswagen akan dapat memperhitungkan beragam struktur pabriknya sekaligus menghindari kebutuhan akan pengembangan in-house aplikasi khusus yang tidak efisien.

Volkswagen dan AWS melihat pengembangan Industrial Cloud menjadi jaringan mitra terbuka sebagai langkah kunci dan bermaksud untuk lebih mengintensifkan pendekatan App Store.

Dalam jangka panjang, para mitra bertujuan untuk menciptakan pasar untuk aplikasi industri. Semua peserta kemudian dapat bertukar aplikasi mereka satu sama lain, untuk memperoleh aplikasi dan menggunakannya terlepas dari tautan apa pun ke Volkswagen. Pengembangan basis teknologi untuk pasar ini sudah berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini