Wuhan Minta Trump Minta Maaf Atas Tuduhan Penyebaran Covid-19

Bisnis.com,25 Jul 2020, 13:47 WIB
Penulis: Akbar Evandio
Sampel swab yang akan diuji untuk virus corona di sebuah rumah sakit di Wuhan, China, Sabtu (14/3/2020)./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 mendorong Wuhan Institute of Virology (WIV) kembali angkat bicara untuk meminta presiden Amerika Serikat, Donald Trump meminta maaf setelah menuding mereka sebagai pihak yang merancang virus Corona atau Covid-19.

Dikutip melalui Sciencemag, Direktur Center for Emerging Infectious Diseases di Wuhan Institute of Virology (WIV), Shi Zhengli mengatakan bahwa pihaknya, pejabat lab Wuhan lain ataupun pemerintah China membantah keras bahwa mereka jadi dalang virus Corona.

Dia menjelaskan bahwa banyak ilmuwan juga sepakat bahwa virus Corona muncul karena proses yang terjadi di alam walaupun ada juga yang berpendapat sebaliknya. Sampai saat ini, kepastian dari mana Covid-19 berasal masih merupakan misteri besar.

"Sebelum itu, kami tidak pernah melakukan kontak atau mempelajari virus Corona ini, ataupun kami tahu soal eksistensinya. Klaim dari presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bahwa SARS-CoV-2 bocor dari institusi kami benar-benar sebuah kontradiksi dari fakta," ungkapnya seperti yang dikutip Bisnis, (25/7).

Dia menyebutkan bahwa tudingan tersebut dapat membahayakan dan berdampak pada pekerja akademis. "Hal itu adalah membahayakan dan berdampak pada pekerjaan akademis kami serta kehidupan pribadi kami. Dia [Trump] berhutang permintaan maaf pada kami," ucapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hadijah Alaydrus
Terkini