Bappenas: Pengangguran Naik 3,7 Juta Orang Akibat Covid-19

Bisnis.com,28 Jul 2020, 16:51 WIB
Penulis: Aprianus Doni Tolok
Ilustrasi/rifemagazone.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 berdampak pada pemutusan hubungan kerja jutaan pekerja, termasuk usaha-usaha yang akhirnya gulung tikar.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan bahwa angka pengangguran meningkat hingga 3,7 juta orang akibat pandemi.

Walhasil jika ditotal dengan jumlah pengangguran yang sudah ada yakni sekitar 7 juta orang, maka jumlah pengangguran saat ini telah melampaui 10 juta orang.

"Angka pengganguran hari ini cukup lumayan kenaikannya sekitar 3,7 juta [orang] dalam hitungan Bappenas, sebuah angka yang relatif besar karena sekarang itu sekitar 7 jutaan," ujarnya dalam konferensi pers, Selasa (28/7/2020).

Disebutkan Suharso berbagai upaya akan ditempuh pemerintah untuk menurunkan angka pengangguran tersebut melalui program atau kegiatan yang berdampak pada pemulihan ekonomi, pengentasan kemiskinan serta penciptaan lapangan kerja.

Program-program tersebut akan menyasar beberapa sektor seperti industri pariwisata, reformasi sosial seperti bidang kesehatan, dan pangan.

Kepala Bappenas pun optimistis pada 2021 angka pengangguran mampu diturunkan secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini