Cegah Corona, Kemenaker Minta Perusahaan Siapkan Petugas K3

Bisnis.com,30 Jul 2020, 15:20 WIB
Penulis: Thomas Mola
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan meminta setiap perusahaan menyiapkan petugas K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Covid-19. Kehadiran petugas K3 sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di tempat kerja.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan protokol kesehatan harus diterapkan di tempat kerja untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Kami minta ada petugas K3 Covid-19 di setiap perusahaan dan perkantoran yang bertugas secara khusus untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di tempat kerja," kata Ida dalam keterangan resmi, Rabu (30/7/2020).

Ida mengingatkan agar protokol kesehatan dapat diimplementasikan dengan baik. Selain itu, para pengusaha dan pekerja harus semaksimal mungkin menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan menjadikannya sebagai sebuah budaya hidup.

Menurutnya, kewajiban mengenakan masker pertama-tama bukan karena takut didenda, tetapi sebagai kebutuhan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

"Mari menyayangi diri sendiri dan menyayangi orang lain dengan menjaga diri agar penyebaran Covid-19 tak terjadi," katanya.

Ida juga mendorong para pengusaha menerapkan Gerakan Pekerja Sehat di lingkungan perusahaannya. Gerakan ini bertujuan untuk membantu buruh beradaptasi dengan kebiasaan baru sehingga mewujudkan dunia industri yang produktif dan aman dari Covid-19.

“Melalui Gerakan Pekerja Sehat, diharapkan buruh selamat, sehat, dan produktif serta perusahaan dapat tetap mempertahankan produktivitas dan adaptif dengan kondisi kebiasaan yang baru,” ujarnya.

Adapun, Program Gerakan Pekerja Sehat memiliki beberapa fokus yaitu deteksi dini penyakit pada pekerja, tempat kerja tanpa asap rokok, aktivitas fisik/olahraga, penyediaan ruang asi, perilaku hidup bersih dan sehat, penggunaan APD, tindakan P3K, dan promosi gizi seimbang.

Ida mendorong perilaku hidup bersih dan sehat, serta aktivitas fisik dan olahraga harus dijadikan budaya di tempat kerja, agar klaster Covid-19 tak terjadi di tempat kerja. Dengan demikian, diharapkan pekerja selamat, sehat dan produktif, serta perusahaan tetap mempertahankan produktivitas dan adaptasi dengan kebiasaan baru.

"Saya berharap kawasan industri KIIC menjadi bagian garda terdepan untuk membangun pekerja sehat. Kawasan-kawasan industri lain harus melaksanakan hal serupa," imbuhnya.

Direktur Karawang International Industrial City (KIIC) Sanny Iskandar, mengatakan pelaku usaha berupaya untuk tetap produktif tanpa melupakan menjalankan protokol kesehatan. Untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik, pihaknya telah berkeliling ke beberapa industri dan pabrik yang ada di Kawasan KIIC.

"Mereka semua telah melaksanakan protokol kesehatan . Tapi di KIIC yang terdapat 160 perusahaan/industri belum ada yang positif Covid-19," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fitri Sartina Dewi
Terkini