Wapres Minta Tiap Perusahaan Sediakan Ruang Laktasi untuk Pegawainya

Bisnis.com,12 Agt 2020, 11:13 WIB
Penulis: Rayful Mudassir
Pekerja perempuan memproduksi alat pelindung diri sebuah perusahaan garmen saat kunjungan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Jakarta, Rabu (1/7/2020). Kunjungan Menaker tersebut guna memastikan pekerja perempuan pada sektor industri tidak mendapatkan perlakuan diskriminatif serta untuk mengecek fasilitas laktasi dan perlindungan kesehatan bagi pekerja terutama saat pandemi Covid-19. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden Ma`ruf Amin meminta pemerintah daerah memastikan layanan yang diperlukan oleh ibu untuk dapat menyusui dengan baik tersedia di lapangan.

“Untuk Pemerintah Daerah, Saya minta agar dapat memastikan layanan yang diperlukan oleh Ibu untuk dapat menyusui dengan baik tersedia di lapangan,” kata Wapres, Rabu (12/8/2020).

Adapun, bagi perusahaan swasta juga diminta menyediakan ruang laktasi bagi para pekerja. Mereka juga didorong memberikan kesempatan bagi pekerja untuk menyusui anaknya dengan baik.

Di samping itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) non-aktif itu mendorong ormas, lembaga swadaya masyarakat untuk mengedukasi tentang pentingnya menyusui bayi hingga berusia dua tahun.

Wapres juga mengucapkan terima kasih kepada para ibu yang telah berusaha menyusui anaknya. Pasalnya, ibu menyusui disebut berupaya memenuhi hak anak dan menyiapkan generasi masa depan dengan baik.

Dia menyebut air susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi anak. Upaya ini sama dengan mempersiapkan generasi yang lebih sehat, cerdas dan produktif.

Dengan menyusui, ibu juga sedang menciptakan bumi yang lebih sehat. Untuk para suami yang istrinya sedang menyusui, dukunglah istri anda untuk dapat menyempurnakan pemberian ASI hingga anak berusia dua tahun,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fitri Sartina Dewi
Terkini