7 Cara Lebih Produktif Saat Bekerja dari Rumah

Bisnis.com,14 Agt 2020, 13:06 WIB
Penulis: Nirmala Aninda
Ilustrasi/Rantchic

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa bulan yang lalu, jutaan orang di seluruh dunia bangun setiap pagi, bersiap, sarapan, lalu memulai hari untuk berangkat kerja.

Kemudian muncul Covid-19, dan semuanya berubah.

Tempat-tempat seperti Italia, Spanyol, dan India menerapkan lockdown dengan sedikit pergerakan di luar kecuali untuk mendapatkan bahan makanan.

Banyak pekerja dan pemilik bisnis harus mengalihkan pekerjaan mereka dari rumah. Hampir semuanya harus dilakukan dari jarak jauh, yang tentunya tidak selalu mudah.

Jika Anda berada dalam situasi yang sama dan bertanya-tanya bagaimana Anda dapat memaksimalkan waktu Anda.

Berikut tujuh cara untuk menjadi lebih produktif saat bekerja dari rumah, seperti dikutip melalui Entrepreneur.

1. Bersihkan ruang kerja

Bekerja di kantor memaksa Anda bekerja dalam batasan. Anda hanya punya meja, komputer, dan beberapa pernak-pernik. Di rumah, akan ada banyak gangguan.

Mulai dari anak-anak berlarian di dalam rumah, kucing Anda menggaruk-garuk sofa ingin keluar, pengantar paker datang untuk mengirimkan pesanan belanja terbaru Anda dan notifikasi media sosial di ponsel Anda berbunyi setiap beberapa menit. Untuk semua alasan ini, dan mungkin beberapa alasan lainnya, Anda perlu membuat ruang kerja yang bersih.

Batasi apa yang ada di atas meja dengan hanya pada hal-hal penting. Selalu ingat ungkapan "Meja bersih, pikiran bersih".

2. Persiapkan diri dengan alat kerja yang dibutuhkan

Setelah Anda mengatur ruang kerja, Anda harus memiliki perlengkapan yang tepat. Tiga ini hal akan membantu Anda memulai.

Monitor besar, rocketbook atau buku catatan lainnya, dan pencahayaan yang bagus.

Di kantor Anda, mungkin ada batasan tentang apa yang dapat Anda gunakan, tetapi di rumah, Andalah yang memegang kendali.

3. Menerapkan waktu fokus tunggal (single focus time/SFT)

Darren Hardy, sebagai mantan penerbit Success Magazine, memiliki kesempatan untuk berbicara dengan orang-orang paling sukses di planet ini.

Hardy berbicara secara mendalam tentang pentingnya fokus dan apa yang dia sebut dengan sesi jam 90 menit.

Mungkin tidak semua orang berada dalam posisi untuk melakukan itu, tetapi tujuannya adalah mendedikasikan setidaknya dua kali setiap hari untuk bekerja tanpa gangguan. Tidak ada panggilan telepon, email, atau apa pun - hanya fokus tunggal meskipun hanya 30 menit

Sungguh menakjubkan betapa mudahnya melakukan ini akan mengubah produktivitas Anda.

4. Gunakan timer

Jangan tenggelam dalam pekerjaan. Dalam lingkungan global yang gila dan tak terduga ini, selalu ada banyak hal yang harus dilakukan. Jatuh ke dalam perangkap itu dan Anda mungkin tidak bisa keluar. Tetapkan periode waktu  untuk mengerjakan tugas, dan setelah timer mencapai nol, waktu habis. Sungguh menakjubkan betapa cepatnya kita bergerak saat kita bekerja dengan jadwal.

5. Istirahat sebentar

Salah satu hal terbaik dan terburuk tentang bekerja dari rumah adalah tidak ada orang mengawasi kita setiap saat. Hilang sudah manajer dan rekan kerja Anda. Semuanya ada di tangan Anda. Artinya kalau mau istirahat, bisa istirahat. Jika Anda serius ingin meningkatkan produktivitas, Anda harus melakukannya.

Setelah sesi fokus, saran terbaik adalah berjalan-jalan. Menghirup udara segar dan mengubah pemandangan. Beberapa peregangan ringan sudah cukup. Sangat penting bagi kita untuk menemukan cara untuk mengalihkan pikiran kita dari pekerjaan, meskipun hanya untuk waktu yang singkat.

6. Buat daftar tugas prioritas

Ini akan membantu Anda mengatur ide, proyek, artikel, dan masalah menjadi bagian-bagian yang dapat dikelola, membuat tugas yang ada jauh lebih mudah dilakukan. Daftar to-do list adalah sesuatu yang diterapkan banyak orang, tetapi kunci sebenarnya terletak pada penentuan prioritas.

7. Nikmati diri Anda sendiri

Kedengarannya agak konyol untuk dikatakan, tetapi jangan sampai diabaikan. Kebahagiaan meningkatkan produktivitas. Terjebak di rumah untuk jangka waktu yang lama bagi kebanyakan orang adalah sangat membosankan.

Pernah melihat seseorang bekerja sehari sebelum libur panjang? Mereka bekerja sepanjang hari. Beberapa akan menyelesaikan lebih banyak dalam sehari daripada yang mereka lakukan sepanjang pekan. Hal ini biasa disebut sebagai fenomena sehari-sebelum-liburan. Itulah mengapa sangat penting untuk menjadwalkan beberapa kesenangan setiap pekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini