Konten Premium

Alexei Navalny dan Para Kritikus Vladimir Putin yang Jadi 'Sasaran'

Bisnis.com,24 Agt 2020, 13:52 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Pemimpin oposisi Rusia Alexey Navalny (tengah) bersama istrinya, Yulia (kanan), berjalan bersama para pengunjuk rasa lainnya dalam sebuah demonstrasi di Moskow, Rusia, Sabtu (29/2/2020)./Bloomberg-Andrey Rudakov

Bisnis.com, JAKARTA — Mantan juara dunia catur, aktivis politik, sekaligus Kepala Human Rights Foundation (HRF) Garry Kasparov hafal betul gerak-gerik Pemerintah Rusia dalam membungkam oposisi. Maka, tatkala kabar diracunnya politikus Alexei Navalny mencuat, Kasparov tak ragu menuding Presiden Vladimir Putin ada di belakangnya.

“Mereka [dokter di Jerman] juga tak ragu sama sekali bahwa Navalny diracun, dan Putin ada di belakangnya. Sekarang seharusnya yang kita pertanyakan adalah kenapa? Jawabannya, ini adalah evolusi kediktatoran,” tuturnya dalam wawancara dengan CNN, Minggu (23/8/2020).

Navalny adalah pengacara sekaligus politikus Partai Kemajuan, oposisi Rusia. Pada 2012, Wall Street Journal pernah menjulukinya sebagai orang yang paling ditakuti Vladimir Putin, dan hingga kini dia masih getol mengkritik kepemimpinan Putin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Margrit
Terkini