Konten Premium

Mulan, Pahlawan yang 'Terjebak' di Antara Konflik Hong Kong vs China

Bisnis.com,07 Sep 2020, 15:30 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Papan iklan yang menampilkan poster film Mulan buatan Walt Disney Co. terpampang di Hollywood Boulevard yang lengang di Los Angeles, California, AS, Kamis (2/4/2020)./Bloomberg-Patrick T. Fallon

Bisnis.com, JAKARTA — Ketika Agnes Chow, salah satu aktivis demokrasi Hong Kong ditangkap Beijing karena agresivitasnya menentang Undang-Undang Keamanan Nasional pada bulan lalu, meme yang mengidentikkannya dengan Fa Mulan beredar luas di media sosial. Mencuatnya meme-meme tersebut juga ditandai dengan naiknya tagar #RealMulan di Twitter.

Fa Mulan adalah karakter animasi keluaran 1998, yang diadaptasi dari sosok Hua Mulan, seorang wanita yang menggantikan ayahnya bertarung di garis depan peperangan dan berujung menjadi pahlawan bagi rakyat karena keberaniannya pada era Dinas Wei Utara (386-557 Masehi). Sumber asli cerita Mulan berasal dari satu lagu daerah di Dinasti Wei Utara yang berjudul Balada Mulan (The Ballad of Mulan).

Momentum rilisnya adaptasi live-action film Mulan pada 2020 seolah membuat pengandaian Agnes sebagai Mulan makin relevan. Hanya saja, di mata para demonstran Hong Kong, relevansi ini ‘dirusak’ oleh gestur yang ditampakkan Liu Yifei, aktris pemeran tokoh Mulan dalam film yang diproduksi Walt Disney Co. tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Margrit
Terkini