Konten Premium

Ini Sektor Asuransi yang Tetap Tumbuh di Tengah Pandemi

Bisnis.com,07 Sep 2020, 11:57 WIB
Penulis: Wibi Pangestu Pratama
Karyawan beraktivitas di dekat logo-logo perusahaan asurasi di kantor Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Jakarta, Senin (27/1/2020). Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA  - Kondisi perekonomian yang tertekan menjadi realitas yang harus dihadapi. Sebagai gambaran ekonomi Indonesia terkontraksi 5,32 persen pada semester I/2020 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pukulan ini kemudian berdampak langsung kepada bisnis asuransi. Bisnis yang berkorelasi langsung dengan pergerakan ekonomi terkonstraksi lebih dalam. Tercatat perusahaan asuransi umum hanya mampu mengumpulkan premi Rp37, triliun. Lebih rendah 6,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya Rp40 triliun.

Sektor yang sebelumnya juara dalam menyumbang pendapatan, menjadi tertekan. Lini yang masuk zona  negatif itu sejalan dengan melambatnya aktivitas perekonomian terkait seperti asuransi properti, asuransi kendaraan bermotor, asuransi pengangkutan, asuransi penerbangan, asuransi penjaminan kredit dan sektor aneka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini