Konten Premium

Semester I/2020, Ini Emiten Asuransi Milik Konglomerasi Paling Mampu Tumbuhkan Laba

Bisnis.com,08 Sep 2020, 15:34 WIB
Penulis: Ilman A. Sudarwan
Sejumlah pekerja beraktivitas di Proyek Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/2/2020). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Bisnis.com, JAKARTA – Kinerja emiten di sektor sektor asuransi tak luput dari dampak pandemi Covid-19 sepanjang paruh pertama 2020. Namun, di tengah tekanan dahsyat ini sejumlah emiten asuransi masih mampu menunjukkan performa menarik.

Sebagai bagian dari ekonomi, sektor asuransi turut merasakan dampak dari kondisi ekonomi Indonesia pada kuartal II/2020 yang terkoreksi 5,32 persen secara year on year (yoy). Adapun, premi perusahaan asuransi umum secara total pada paruh pertama turun 6,1 persen yoy menjadi Rp37 triliun.

Sejalan dengan itu, kumulasi pendapatan premi bruto dari 14 emiten asuransi umum dan asuransi jiwa yang tercatat di Bursa Efek Indonesia yang dihimpun Bisnis juga turun 1,55 persen. Pendapatan bruto perusahaan secara yoy pada semester I/2020 menjadi Rp10,96 triliun. Sementara itu, klaim premi bruto meningkat 6,99 persen yoy menjadi Rp3,7 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini