Konten Premium

Raksasa Tekstil Indonesia Genjot Ekspor APD, Bagaimana Prospek Sahamnya?

Bisnis.com,09 Sep 2020, 11:58 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Sejumlah tenaga kesehatan melengkapi Alat Pelindung Diri (APD) ketika bersiap untuk melakukan tes usap di Pekanbaru, Riau, Kamis (3/9/2020). Satgas COVID-19 menilai perlunya pembatasan jam kerja dokter serta tenaga kesehatan COVID-19 untuk menghindari kelelahan yang mengakibatkan rentan tertular virus tersebut./ANTARA FOTO-Rony Muharrman

Bisnis.com, JAKARTA — Keputusan pemerintah mencabut larangan ekspor alat kesehatan per 30 Juni 2020, menjadi sentimen cerah bagi sejumlah pelaku industri. Terutama, bagi perusahaan tekstil produsen Alat Pelindung Diri (APD) dan masker yang sejak sebulan sebelumnya mengeluhkan rendahnya serapan dalam negeri.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor APD menyentuh angka US$571.190 sepanjang Juli 2020, naik 72,21 persen dari nilai ekspor US$331.680 sepanjang Juni. Belanda, Jepang, Belgia, AS, hingga Italia menjadi negara-negara yang mengantre pasokan APD dari produsen Indonesia.

Pada saat bersamaan, ekspor masker juga menggeliat. Total penjualan masker bedah ke luar negeri mencapai US$395.470 pada periode yang sama, jauh melampaui penjualan sebesar US$1.937 sebulan sebelumnya. Singapura, India, Hong Kong, dan Thailand menjadi tujuan terdepan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Margrit
Terkini