Ini Rincian Program Padat Karya Tunai Kementerian PUPR 2021

Bisnis.com,14 Sep 2020, 18:09 WIB
Penulis: Arif Gunawan
Kabupaten Program Padat Karya Tunai di Papua Barat/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menetapkan anggaran program padat karya tunai (PKT) pada 2021 mendatang senilai Rp18,14 triliun.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menjelaskan untuk bidang jalan dan jembatan saja, anggaran PKT tahun depan mencapai Rp3,01 triliun.

"Program padat karya tunai tahun depan di jalan dan jembatan senilai Rp3,01 triliun. Rinciannya yaitu untuk preservasi jalan senilai Rp1,05 triliun di 34 provinsi," ujarnya dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR RI yang disiarkan secara daring Senin (14/9/2020).

Kemudian yang kedua adalah program preservasi jembatan senilai Rp460 miliar untuk 34 provinsi di Indonesia.

Ketiga adalah program revitalisasi drainase senilai Rp1,50 triliun untuk 34 provinsi di Indonesia. Sementara itu bidang lainnya dari program PKT adalah pembangunan bidang sumber daya air dengan anggaran Rp9,59 triliun.

Selanjutnya pembangunan bidang permukiman dengan anggaran Rp3,08 triliun. Lalu program pembangunan bidang perumahan senilai Rp2,46 triliun.

Adapun, program PKT disiapkan Kementerian PUPR sebagai salah satu upaya membantu pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dilaksanakan oleh pemerintah bagi masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hadijah Alaydrus
Terkini