Ridwan Kamil Jalani Suntikan Terakhir Uji Coba Vaksin

Bisnis.com,14 Sep 2020, 17:13 WIB
Penulis: Wisnu Wage Pamungkas
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali menjalani penyuntikan uji klinis vaksin Covid-19. Penyuntikan kedua kalinya ini merupakan suntikan terakhir dalam proses uji klinis fase III vaksin Sinovac.

Ridwan Kamil mengatakan kunjungan ketiganya ke Puskesmas Garuda, Kota Bandung merupakan puncak dari proses penyunyikan dosis terakhir percobaan vaksin Covid-19. “Nanti 14 hari dari sekarang barulah akan dites darah kami selama dua kunjungan lagi,” katanya di Bandung, Senin (14/9/2020).

“Mohon doanya agar hasil nanti dalam dua minggu dari sekarang ada reaksi positif yang baik, yaitu meningkatnya imunitas dan meningkatnya antibodi kami terhadap Covid. Mudah mudahan proses kunjungan dua terkahir juga terjadi kepada seluruh relawan,” ujarnya.

Pihaknya melaporkan proses uji klinis masih butuh waktu panjang mengingat dari 1.600 relawan baru 400 relawan disuntik pada tahap satu, sementara tahap dua baru 200 orang relawan.

Ridwan Kamil sendiri bercerita kunjungan ketiga ini berlangsung lebih cepat karena tidak ada pengambilan darah. “Hanya biasanya, urutannya adalah kami dicek timbangan, kemudian masuk oleh dokter diperiksa lagi apakah selama dua minggu ada perubahan melalui stetoskop terhadap paru paru dan sekitarnya, alhamdulillah lancar,” ujarnya.

Kemudian dirinya masuk ke ruangan vaksin yang berisi dua dokter. Seperti sebelumnya, dirinya bersama Pangdam, Kajati disuntik di bagian lengan sebelah kiri sementara Kapolda di lengan kanan.

“Memang hasilnya sama, diameter jarumnya memang agak besar, jadi lubangnya lumayan tidak kecil. Setelah itu selama 30 menit kami harus menunggu, dicek reaksi, rata-rata aman,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini