Konten Premium

Menerka Reaksi Investor Saham atas Perubahan Konstituen Indeks Global

Bisnis.com,17 Sep 2020, 07:58 WIB
Penulis: Ilman A. Sudarwan
Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/9/2020). Pada perdagangan Rabu (10/9) IHSG sempat mengalami trading halt dan ditutup anjlok 5,01% atau 257,91 poin menjadi 4.891,46. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks yang dirilis perusahaan global seperti Financial Times Stock Exchange (FTSE) Russell dan Morgan Stanley Capital Index (kini dikenal dengan MSCI Inc.) merupakan acuan investor asing untuk masuk ke pasar modal di Tanah Airdomestik.

Sejumlah manajer investasi global akan ikut mengubah bobot portofolionya sesuai dengan perubahan masing-masing indeks tersebut. Perubahan harga ini sudah terlihat semenjak rencana perubahan konstituen indeks dilakukan.

Anggota indeks terbaru yang berubah pada akhir pekan ini adalah penghuni indeks FTSE Global Equity Series Asia Pacific di luar Jepang dan China. Perubahan yang dilakukan oleh FTSE Russell tersebut akan berlaku efektif setelah penutupan perdagangan Jumat (18/9/2020). Dengan demikian, maka FTSE Global Equity Index yang baru akan efektif mulai Senin (21/9/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini