Tekan Harga Kendaraan Listrik, Tesla Kembangkan Baterai Bebas Kobalt

Bisnis.com,23 Sep 2020, 09:59 WIB
Penulis: Rezha Hadyan
Tesla mengembangkan mobil listrik bebas kobalt./ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Tesla akan membuat baterai kendaraan listrik dengan katoda bebas kobalt. Hal tersebut diumumkan dalam acara Battery Day yang digelar pada Selasa (22/9/2020) waktu setempat.

Melansir The Verge pada Rabu (23/9/2020), pengumuman tersebut datang sebagai bagian dari langkah perusahaan untuk memproduksi baterai kendaraan listriknya secara mandiri, alih-alih membelinya dari pihak ketiga.

CEO Tesla Elon Musk tak memberikan keterangan kapan rencana tersebut mulai bergulir. Namun yang jelas, rencana tersebut memungkinkan harga kendaraan listrik buatan Tesla bisa lebih terjangkau.

“Sangat penting bagi kita untuk membuat mobil yang mampu dibeli orang.Keterjangkauan adalah kunci bagaimana kami mengukur.”

Tesla sekarang mengatakan dapat membuat kendaraan listrik seharga US$25.000-10.000 lebih murah dari model termurahnya - karena perbaikan yang dilakukan pada baterainya, termasuk menghilangkan kobalt.

Kobalt adalah bahan termahal yang digunakan dalam baterai, jadi menghilangkannya dari campuran diharapkan membantu kendaraan listrik menjadi terjangkau seperti yang menggunakan bahan bakar gas.


Cobalt juga disebut sebagai "berlian darah baterai". Itu karena tambang itu ditambang dengan cara yang membahayakan pekerja anak dan merusak lingkungan di Republik Demokratik Kongo. Gugatan yang diajukan terhadap Tesla, Apple, Alphabet, Dell, dan Microsoft pada bulan Desember oleh kelompok hak asasi manusia internasional menuduh bahwa perusahaan membuat produk mereka dengan kobalt yang ditambang oleh anak-anak.

Tesla mulai bekerja dengan perusahaan baterai China, Contemporary Amperex Technology Ltd. (CATL) untuk mengembangkan baterai yang menggunakan sedikit kobalt, media internasional pertama kali melaporkan pada Mei 2020.

Bekerja dengan jenis baterai yang berbeda akan menghadirkan tantangan baru. Dorongan untuk menggunakan lebih sedikit kobalt telah meningkatkan permintaan logam lain yang menggantikannya dalam baterai: nikel. Musk mendesak perusahaan pertambangan untuk menggali lebih banyak nikel pada Juli lalu dan melakukannya lagi selama Battery Day.

“Untuk melakukan penskalaan, kami benar-benar perlu memastikan bahwa kami tidak dibatasi oleh ketersediaan total nikel. Saya sebenarnya berbicara dengan CEO dari perusahaan pertambangan terbesar di dunia dan berkata, tolong hasilkan lebih banyak nikel, ini sangat penting,” kata Musk.

Nikel ditambang di lebih banyak tempat di seluruh dunia daripada kobalt, tetapi ekstraksi nikel telah mencemari tanah masyarakat adat di Rusia. Akibatnya, aktivis adat telah mendorong Musk untuk menolak membeli material dari perusahaan pertambangan Norilsk Nickel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini