Penting Nih, Ini Tips Menjaga Jarak Agar Terhindar dari Covid-19

Bisnis.com,01 Okt 2020, 15:32 WIB
Penulis: Andhika Anggoro Wening
Penumpang berada di dalam kereta MRT di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga jarak adalah salah satu cara agar terhindar dari virus Corona. Menjaga jarak atau social distancing berarti tidak terlalu dekat dengan orang lain yang bukan berasal dari satu rumah.

Social distancing harus dilakukan dalam era new normal termasuk memakai masker, tidak menyentuh wajah, dan sering mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Mengapa mempraktikkan jaga jarak itu termasuk salah satu cara penting dalam mengantisipasi tertularnya virus Corona?

Covid-19 merupakan virus yang menyebar di antara orang-orang yang melakukan kontak dekat dalam intensitas lama. Penyebaran terjadi ketika droplet orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara, meluncur ke udara lalu mendarat di mulut atau hidung orang di sekitarnya. Tetesan kemudian dihirup ke paru-paru.

Studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang terinfeksi tetapi tidak memiliki gejala juga berperan dalam penyebaran Covid-19. Karena orang dapat menyebarkan virus sebelum mereka tahu bahwa mereka sakit, oleh karena itu penting untuk menjaga jarak setidaknya 2 meter dari orang lain. Menjaga jarak juga sangat penting bagi orang-orang yang berisiko lebih tinggi karena penyakit bawaan yang mematikan.

Virus Covid-19 dapat hidup berjam-jam atau berhari-hari di permukaan, tergantung pada beberapa faktor seperti sinar matahari, kelembapan, dan jenis permukaan. Seseorang bisa saja tertular Covid-19 dengan menyentuh permukaan atau benda yang tertempel virus kemudian menyentuh mulut, hidung, atau matanya sendiri. Namun, ini tidak dianggap sebagai cara utama penyebaran virus. Menjaga jarak membantu membatasi untuk bersentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi orang yang terinfeksi Covid-19.

Berikut Tips untuk menjaga jarak yang dianjurkan CDC (Center for Disease Control and Prevention) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Andhika Anggoro Wening
Terkini