5 Berita Populer Finansial, "Sampah Jadi Uang", Ini Program BRI dan Merger Bikin Bank Syariah Milik BUMN Lebih Kompetitif

Bisnis.com,12 Okt 2020, 16:47 WIB
Penulis: Laras Devi Rachmawati
Salah satu kantor Bank BRI/bri.co.id

1. “Sampah Jadi Uang”, BRI Kembalikan Fungsi Sungai dan Dorong Ekonomi Masyarakat

Keberadaan sampah menjadi salah satu tantangan dan persoalan yang dihadapi masyarakat terutama yang tinggal di wilayah perkotaan. Persoalan sampah terus meningkat seiring dengan peningkatan aktivitas masyarakat kota yang tidak diimbangi dengan jumlah tempat pembuangan sampah yang memadai, hingga akhirnya masyarakat memilih membuang sampah ke sungai.

Dalam rangka mengembalikan peran dan fungsi sungai sebagai penyangga kehidupan, Bank BRI hadir melalui program “Jaga Sungai Jaga Kehidupan” yang tidak hanya menata dan memperbaiki sungai menjadi asri dan lestari namun juga memberi solusi dalam mengatasi persoalan sampah dan menggerakan ekonomi masyarakat.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Aset Negara Terproteksi ABMN Bertambah, Jadi Tiga Kementerian/Lembaga

Jumlah kementerian dan lembaga yang terproteksi aset-asetnya oleh Konsorsium Asuransi Barang Milik Negara atau ABMN bertambah, dari sebelumnya hanya Kementerian Keuangan.

Ketua Konsorsium ABMN Didit Mehta Pariadi menjelaskan per Oktober 2020 ini terdapat tiga kementerian dan lembaga yang sudah mendapatkan penutupan asuransi dari pihaknya.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Pasca Diakuisisi, Bank Permata Tetap jadi Perusahaan Terbuka? Ini Jawaban Bangkok Bank

Bangkok Bank Pcl. telah menyelesaikan penawaran tender wajib atas saham PT Bank Permata Tbk.

Total jumlah saham yang dimiliki Bangkok Bank di emiten berkode BNLI tersebut pun menjadi 27,681 miliar atau mewakili 98,71 persen dari total modal yang ditempatkan dan disetor penuh perseroan.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Merger Bisa Bikin Bank Syariah Milik BUMN Lebih Kompetitif

Rencana merger bank syariah anak usaha bank BUMN dinilai bakal melahirkan bank syariah yang lebih kompetitif, sehingga turut memperkuat daya saing dan pertumbuhan ekonomi.

Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) 2015-2020 Fauzi Ichsan berpendapat industri perbankan syariah memiliki prospek besar untuk tumbuh lantaran Indonesia mempunyai penduduk muslim terbesar di dunia. Fakta ini membuat potensi market keuangan dan ekonomi syariah yang besar untuk dikembangkan.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Debitur Bermasalah Sebelum Covid-19 Menyerang, Bagaimana Nasibnya?

Perbankan berupaya mengatasi potensi kerugian yang dapat terjadi dari debitur bermasalah sebelum pandemi Covid-19.

Adapun debitur bermasalah sebelum Covid-19 tidak serta merta akan mendapatkan kebijakan restrukturisasi. Nasibnya sangat ditentukan penilaian masing-masing bank.

Baca berita selengkapnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Oktaviano DB Hana
Terkini