Konten Premium

Historia Bisnis: Hypermarket The ClubStore Tutup 3 Gerai

Bisnis.com,13 Okt 2020, 22:00 WIB
Penulis: Anggara Pernando
Ilustrasi - Suasana pusat perbelanjaan di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Minggu (7/6/2020). Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyatakan pada masa pandemi COVID-19 omzet penjualan peretail hilang 85 persen hingga 90 persen, terutama pada gerai-gerai yang berada dalam mal dan terdampak penutupan akibat PSBB./ANTARA FOTO-Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA – Gejolak ekonomi yang menekan daya beli masyarakat secara langsung memukul perusahaan ritel. Terutama mereka yang mengoperasikan toko dengan luasan ribuan meter (hypermarket). Biaya pemeliharaan menjadi sangat besar.

Saat yang sama, langkah pesaing yang memiliki modal besar melakukan promo diskon jor-joran, membuat pembeli yang tak lagi ramai jadi semakin sedikit.

Tekanan kondisi ini juga yang akhirnya membuat The ClubStore, menutup gerai hypermarket yang dimiliki. The ClubStore adalah hypermarket di bawah PT Mutiara Ritel Inti Wira. Peritel yang 100% modalnya milik pengusaha lokal. Konglomerasi ini dalam catatan The Wall Street Journal dikendalikan oleh Eka Hadi Djaja. Direktur pada konglomerasi PT Wicaksana Overseas International Tbk. (WICO).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini