Mau Menonton Film di Bioskop? Yuk, Simak Dulu Pesan dari Satgas Covid-19

Bisnis.com,22 Okt 2020, 10:37 WIB
Penulis: Zufrizal
Pengunjung menyaksikan film yang diputar di salah satu bioskop, di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (19/10/2020)./Antararn

Bisnis.com, JAKARTA — Pekan ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengeluarkan izin berupa surat keputusan terkait dengan pembukaan sejumlah bioskop di DKI Jakarta selama pembatasan sosial berskala besar transisi.

Sedikitnya, ada tiga jaringan bioskop yang diperbolehkan menayangkan film. Mereka adalah XXI, Cinepolis, dan CGV. Rencananya, pembukaan kembali bioskop akan dilaksanakan pekan ini.

Para pengunjung nantinya diwajibkan menerapkan protocol kesehatan yang ketat baik di luar maupun di dalam Gedung bioskop.

Beberapa waktu lalu, Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan kajian dalam rangka pembukaan kembali bioskop atau cinema pada masa COVID-19.

“Bioskop dan cinema memiliki karakteristik dan kontribusi penting terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat karena imunitas masyarakat juga bisa meningkat karena bahagia atau suasana mental atau fisik dari para penonton dan masyarakatnya ditingkatkan,” ujar Wiku pada konferensi pers di Media Center Satgas Nasional di Jakarta, Rabu (26/8/2020) seperti dikutip dari laman bnpb.go.id.

Menurut Wiku, pembukaan aktivitas sosial dan ekonomi, seperti bioskop harus memperhatikan aspek kesehatan secara ketat serta melalui tahapan prakondisi, waktu, prioritas, koordinasi pusat dan daerah serta pemantauan dan evaluasi. 

Hasil kajian tim pakar dari sisi medis dan kesehatan masyakarat terhadap pembukaan kembali bioskop atau cinema, beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Melalui sejumlah rekomendasi tersebut, Satgas Penanganan COVID-19 dan pemerintah daerah berharap agar pembukaan kembali bioskop dapat berjalan baik dan masyarakat dapat bekerja sama untuk menerapkan protokol yang berlaku secara optimal sehingga risiko penularan dapat dihindari.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Zufrizal
Terkini