Ingin Pergi Liburan Saat Pandemi? Simak Rekomendasi dari CDC AS Berikut

Bisnis.com,23 Okt 2020, 15:46 WIB
Penulis: Aprianto Cahyo Nugroho
Masker N95

Bisnis.com, JAKARTA – Saat-saat libur panjang memang tepat untuk bepergian ke luar kota. Namun, pandemi Covid-19 membuat segalanya berubah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum pergi ke luar kota.

Center for Disease and Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat memberikan sejumlah tips yang perlu diingat saat bepergian jarak jauh di masa pandemi. Sebelum bepergian, ada baiknya mempertimbangkan hal-hal seperti penyebaran Covid-19 di tempat tujuan, kepadatan populasi di tempat tujuan perjalanan, serta potensi penularan Covid-19 dari orang-orang sekitar.

Potensi penularan Covid-19 saat bepergian juga tergantung pada langkah-langkah perlindungan diri, termasuk penerapan protokol 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), baik oleh diri sendiri maupun orang di sekitar saat bepergian.

Jika bepergian menggunakan transportasi umum, lokasi-lokasi seperti bandara, terminal, stasiun kereta api, dan tempat peristirahatan menjadi lokasi dengan potensi penyebaran virus yang lebih besar. Terlebih, umumnya sulit menerapkan jarak sosial di tempat umum tersebut.

Oleh karena itu, CDC mengimbau agar masyarakat yang bepergian menghindari kontak yang tidak perlu dengan orang lain guna mengurangi risiko terpapar virus corona.

Secara umum, CDC mengatakan bahwa setiap orang yang bepergian ke tempat umum dan naik kendaraan umum untuk mengenakan masker serta membawa hand sanitizer dengan kandungan minimal 60 persen alkohol.

Selain itu, CDC juga menganjurkan membawa obat-obatan seperlunya selama perjalanan, serta membawa makanan dan minuman sendiri.

Jika Anda mempertimbangkan untuk membersihkan penginapan perjalanan Anda, lihat panduan CDC tentang cara membersihkan dan mendisinfeksi.

Berikut ini rekomendasi CDC dalam mengunjungi tempat-tempat tertentu selama bepergian:

Ruang publik

Toilet dan tempat istirahat umum:

Pom bensin:

Resoran/Rumah makan:

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aprianto Cahyo Nugroho
Terkini