Pakai Benda yang Simpel, Pendongeng PM Toh Jelaskan Bahaya Covid-19 ke Anak

Bisnis.com,24 Okt 2020, 15:32 WIB
Penulis: Andhika Anggoro Wening
PM Toh/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Memberikan edukasi mengenai bahaya Covid-19 memang banyak cara termasuk yang dilakukan pendongeng PM Toh.

Pria yang akrab dengan logat khas Aceh-nya ini mengatakan banyak sekali yang bisa digunakan oleh orang tua dalam memberikan informasi kepada anak terkait bahaya Covid-19 termasuk menggunakan benda-benda yang akrab dengan mereka sehari-hari seperti mainan.

"Saya mendongeng dengan benda-benda yang akrab dengan anak misalnya sepatu, setrika mainan, plastik dan lain sebagainya," kata PM Toh dalam diskusi virtual bertema "Covid-19 dalam Dongeng: Edukasi Pandemi Usia Dini" di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (24/10/2020).

"Benda-benda ini kan akrab dengan anak-anak," tambahnya.

Apabila anak melihat benda-benda yang sering dijumpai atau akrab dengan mereka, maka ia akan lebih senang dan gembira saat dijelaskan tentang Covid-19.

"Kalau anak melihat benda yang akrab sama mereka, nanti mereka akan senang sekali, ketawa-ketawa. Dari benda itulah kita membuat simbol-simbol apa itu virus Corona," terang PM Toh.

PM Toh menambahkan melalui benda-benda tersebut orang tua sebenarnya bisa membuat simbol-simbol yang kemudian dikaitkan dengan Covid-19.

"Benda-bendanya juga yang gampang saja tidak perlu dicari yang jauh-jauh, yang terpenting bendanya itu bersih."

PM Toh mengungkapkan selama pandemi Covid-19 terjadi di Tanah Air, dirinya juga terdampak sehingga tidak bisa mendongeng di depan anak-anak secara langsung atau bertatap muka.

Namun, demi menghibur anak-anak di Indonesia, PM Toh memanfaatkan aplikasi zoom dan berbagai media sosial untuk mendongeng.

"Jadi saya mendongeng dari rumah saja," katanya

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Andhika Anggoro Wening
Terkini