Konten Premium

Bagaimana Arah Kebijakan Subsidi Listrik ke Depan agar Tepat Sasaran?

Bisnis.com,09 Nov 2020, 05:44 WIB
Penulis: Denis Riantiza Meilanova
Pekerja beraktifitas di laboratorium pengujian peralatan listrik di PLN Pusat Standarisasi di Jakarta, Rabu (22/7/2020). PLN selalu menjaga standar dan kualitas dari pasokan listrik kepada masyarakat dengan selalu melakukan pengujian terhadap instalasi kelistrikan, kWh meter, dan seluruh peralatan listrik sesuai standar yang berlaku sebelum di pasang. Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah berencana melakukan transformasi kebijakan subsidi listrik berbasis komoditas menjadi subsidi langsung rumah tangga.  Reformasi ini dinilai perlu agar penyaluran subsidi semakin tepat sasaran.

Realisasi penyaluran subsidi hingga kini belum sepenuhnya tepat sasaran.  Sebanyak 23,9 juta pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA masih mendapatkan subsidi listrik tanpa dilakukan pemadanan data pelanggan berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

DTKS digunakan sebagai dasar pemberian subsidi listrik. Data ini berisi 40 persen kelompok masyarakat dengan status sosial ekonomi terendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Zufrizal
Terkini