4 Pola Pikir dan Strategi untuk Meningkatkan Pendapatan Bisnis

Bisnis.com,09 Nov 2020, 11:20 WIB
Penulis: Nirmala Aninda
Membangun bisnis atau usaha baru/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Setiap wirausahawan pasti selalu memiliki keinginan untuk berkembang. Meskipun sebagian senang melihat kembali semua yang telah dicapai, memandang peluang pencapaian yang lebih tinggi di masa depan jauh lebih menarik.

Masalahnya, pertumbuhan bisnis tidak konstan. Ada tantangan di sepanjang jalan, dan jika kita gagal melihat gambaran yang lebih besar, kita bisa tersesat di zona nyaman.

Terlebih lagi, ada tantangan yang membuat kita mempertanyakan apakah terus memperjuangkan impian kita untuk sukses benar-benar bermanfaat.

Kuncinya adalah tetap fokus dengan pola pikir yang benar dan strategi pertumbuhan di gudang senjata kita. Berikut empat pola pikir dan strategi yang bisa Anda tambahkan, menurut Entrepreneur:

1. Latih mindset "10x > 10 persen"

Pola pikir 10x > 10 persen adalah kebalikan dari bermain aman. Pola pikir ini menunjukkan ekspektasi untuk hasil terbesar yang bisa Anda peroleh dari apa pun yang Anda lakukan. Dengan menerapkan cara ini berarti Anda berani keluar dari zona nyaman dan tanpa rasa takut meraih apa yang Anda inginkan.

Misalnya, target Anda adalah meningkatkan pendapatan bisnis Anda tahun depan.

Dengan pola pikir pertumbuhan 10 persen, Anda berencana untuk meningkatkannya dari Rp50 juta sebulan menjadi Rp55juta sebulan. Di sisi lain, mindset berkembang 10x mendorong Anda untuk menumbuhkannya dari Rp50 juta sebulan menjadi Rp500 juta sebulan.

2. Ingatlah bahwa setiap hari Anda bertahan adalah kemenangan

Penting untuk diingat bahwa tidak setiap hari pertumbuhan sepuluh kali lipat dapat terjadi. Akan ada hari-hari yang sulit ketika Anda bertanya-tanya apakah yang Anda lakukan sepadan dengan perjuangannya.

Selama Anda bertahan, jangan menyerah. Beberapa dari Anda mungkin tahu apa dikatakan pakar pertumbuhan Instagram, Derik Zimmerman, tentang bertahan.

“Seseorang di luar sana akan menyerah hari ini,” katanya. "Tapi bukan kamu."

Saat keadaan menjadi sangat sulit, duduklah dan luangkan waktu sejenak untuk bernapas. Katakan pada diri sendiri Anda akan menyerah besok, hanya saja tidak hari ini. Ketika hari berikutnya tiba, ulangi prosesnya sampai Anda siap untuk keluar dari kebiasaan yang Anda hadapi dan mulai menaklukkan tujuan Anda sekali lagi.

3. Ingatkan diri sendiri bahwa Anda tidak dapat melakukan semuanya sekaligus

Sukses terjadi dalam langkah-langkah kecil, bukan sekaligus. Dalam proses menumbuhkan bisnis, akan ada saat-saat ketika segala sesuatunya menjadi sangat berat. Ada terlalu banyak langkah untuk mencapai puncak, dan kami tidak dapat memastikan apakah kami dapat mencapainya.

Saat Anda merasa seperti ini, ingatlah untuk memberi diri Anda waktu. Tetapkan tujuan jangka panjang, kemudian fokuskan semua upaya Anda untuk mengambil satu langkah ke arah itu. Terus latih keahlian Anda dan kembangkan, dan Anda akan sampai di sana lebih cepat dari yang Anda harapkan.

4. Prioritaskan koneksi yang sehat

Kita semua memiliki impian untuk mencapai puncak, tetapi kita harus ingat bahwa kita tidak akan berhasil jika kita sendirian. Bahkan tokoh sejarah terbesar pun memiliki seseorang untuk bersandar, seperti yang dilakukan Michelangelo dengan temannya Vittoria Colonna.

Tidak ada bedanya dalam bisnis. Jika kita ingin melangkah jauh, kita membutuhkan sistem pendukung untuk mengangkat kita ketika kita jatuh dan membuat kita terus berjuang selama hari-hari yang sulit.

Saat kita bekerja dengan orang yang peduli dengan apa yang kita lakukan, kita mempersiapkan diri untuk sukses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini